PRA RAPAT PENDETA HKBP DISTRIK ASAHAN LABUHANBATU

PRA RAPAT PENDETA HKBP DISTRIK ASAHAN LABUHANBATU

Pada Senin, 8 Juli 2019 yang lalu, Para Pendeta HKBP Distrik XIII Asahan Labuhanbatu mengadakan Pra Rapat Pendeta bertempat di HKBP Gambir Baru Resort Kisaran II. Kegiatan ini sendiri merupakan langkah awal dari Rapat Pendeta Distrik yang akan diselenggarakan pada 7- 9 Agustus 2019 di Sopo Toba Hotel, Ambarita. Sebelum kegiatan berlangsung terlebih dahulu diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Pdt.Burhan Sianturi (Pendeta HKBP Resort Kisaran II) yang menyapa peserta dengan firman Tuhan yang tertulis dalam Ayub 10:12: Hidup dan Kasih setia Kaukaruniakan kepadaku, dan pemeliharaanMu menjaga nyawaku”. Dalam renungannya Pdt.Burhan Sianturi mengajak para Pendeta untuk mewujudkan Kasih kepada Tuhan dengan tetap setia dalam pelayanan dan memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Salah satu wujud kesetiaan ini ditunjukkan melalui Rapat Pendeta HKBP yang akan diadakan tahun ini.

Setelah ibadah, dilanjutkan dengan arahan Praeses HKBP Distrik XIII Asahan Labuhanbatu Pdt.Bernard Manik,STh. Dalam arahannya Praeses Manik meminta kelima kelompok yang telah ditentukan oleh panitia untuk menggumuli materi-materi yang telah disampaikan agar dalam Rapat Pendeta Distrik kedepan dapat merumuskan dan memberikan kontribusi kepada Rapat Pendeta Hatopan pada bulan Oktober yang akan datang. Ada beberapa kelompok yang memiliki beban pembahasan materi yang cukup banyak seperti kelompok I yang membahas bahan  Pra Baptis, Pra Sidi, Pra Nikah dan Pra Tahbis. Demikian juga Kelompok IV yang membahas Terjemahan dua buku Teologis dari Komisi Iman dan Tata Gereja Dewan Gereja Dunia. Selesai arahan Praeses kegiatan berlanjut dengan diskusi kelompok.

Adapun pembagian Kelompok Pra Rapat Pendeta Distrik ini sebagai berikut:

  • Kelompok – I : membahas Bahan-bahan Pengajaran Pra Tahbis Sintua, Pra Baptis, Pra Sidi dan Pra Nikah diketui oleh Pdt.Burhan Sianturi STh (HKBP Resort Kisaran II)
  • Kelompok – II : membahas Teologi Disgital, menyongsong Pelayanan dalam Era Industri 4.0 ketua kelompok: Pdt.AS.Simanullang,STh (HKBP Resort Aekkanopan)
  • Kelompok – III : Membahas Rangkuman Keputusan Rapat Pendeta Hatopan dan Pdt. Remanto Tumanggor,M.Div dipilih menjadi ketua (HKBP Resort Huta Baru)
  • Kelompok – IV : khusus membahas Terjemahan dua buku Teologis dari Komisi Iman dan Tata Gereja Dewan Gereja Dunia dipimpin oleh Pdt.Eden Ramses Siahaan, STh.MM. (HKBP Resort Kisaran)
  • Kelompok -V : Membahas SOP Rapendis; Parange ni Pandita di Distrik yang diketuai oleh Pdt.Ramly Gultom (HKBP Resort Tanjung Balai), yang kemudian dipandu oleh Pdt.Tiominar Ujung (HKBP Resort PTPN III Buntu Pane).

Pada Pukul 15.00 WIB Diskusi Kelompok berakhir  dilanjutkan dengan pertemuan di Konsistori untuk menindaklanjuti dan membicarakan segala sesuatu yang berkaitan dengan persipan Rapat Pendeta yang akan diadakan di Samosir. Keseluruhan kegiatan hari itu di akhiri dengan doa yang dipimpin oleh Pdt.Juwita Nababan,STh (HKBP Resort Exaudi). (as/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *