ALLAH YANG MEMPERKENALKAN DIRI

ALLAH YANG MEMPERKENALKAN DIRI

Senin, 24 Pebruari 2020

Menurut Alkitab, kita telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23). Dosa membuat kita terpisah dari relasi dengan Allah. Dosa menjadi penghalang manusia mengenal Allah dan menyebabkan manusia menjadi terbatas dalam segala hal termasuk di dalam mengenal Allah. Namun, Allah yang penuh rahmat dan berbelas kasihan selalu berinisiatif untuk menyatakan dan memperkenalkan diriNya kepada kita. Dengan cara itulah barulah kita dapat mengenal Allah. Artinya bahwa Allah-lah yang membuka jalan dan menjebatani kita untuk mengenal diriNya. Allah telah menunjukkan Identitasnya secara Pribadi kepada Musa dengan mengatakan “Akulah Allah bapamu, kata bapa disini tidak menunjuk kepada bapa Musa secara Khusus tetapi lebih merujuk kepada bapa leluhurnya untuk membuka ingatan Musa dari keturunan dia sehingga Allah menyebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, ketiga nama ini sangat penting bagi Musa bahkan bagi bangsa Israel secara khususnya karena ketiga nama ini adalah nenek moyang yang menjadi pengharapan, kekuatan dan kebanggaan bangsa Israel. Ketika Allah memperkenalkan diriNya, bagaimana kita meresponnya? Sebagaimana Musa menutupi wajahnya saking takut memandang Allah, kita juga harus menunjukkan rasa takut kepada Allah. Takut akan Allah berarti memiliki rasa hormat yang berdampak kepada cara hidup kita. Takut akan Allah lebih mengenai menghormatiNya, tunduk kepada disiplinNya, dan menyembahNya dengan takjub.

“Lagi Ia berfirman: “Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.” (Keluaran 3:6)

BE:559:3 “Debata na Songkal Jala na Badia”
Debata na songkal,na so tarida,/ Mata na mardosa, ndang tau marnida Ho/ Ho na sun badia, na so hatudosan/ Sun hinagogo, sun sangap do Ho/ Amen

Selamat hari Senin.
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *