KETIKA KITA MERASA TAK MAMPU

KETIKA KITA MERASA TAK MAMPU

Senin, 16 Maret 2020

Pernah merasa tidak sanggup mengemban satu tugas yang dipercayakan? Jikalau pernah, berarti saudara memiliki kesamaan dengan pengalaman Musa. Dalam Kitab Keluaran diberitahukan bahwa Tuhan memiliki rencana luar biasa dalam kehidupannya. Dia hendak diangkat menjadi pemimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Tuhan berkata, “Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umatKu, orang Israel, keluar dari Mesir.” Bagaimana reaksi Musa? “Bagaimana jika mereka tidak percaya kepadaku dan tidak mendengarkan perkataanku”. Mulanya dia menolak panggilan Tuhan karena merasa tidak mampu. Ia tidak yakin bangsa Israel mau mendengarkan dan percaya yang dikatakannya, apalagi Firaun adalah pemimpin bangsa Mesir waktu itu. Dia merasa ada yang banyak hal dalam hidupnya yang sama sekali tidak memenuhi kriteria sebagai pemimpin. Sesungguhnya Tuhan sudah menetapkan rencana besar bagi kita, bahkan sebelum kita dilahirkan. Namun terkadang kita merasa tidak mampu, sehingga kita pun menolak masuk dalam rencana Tuhan itu. Ketahuilah bahwa ketika Tuhan memanggil kita, Dia sudah tau persis bahwa kita memiliki kapasitas yang dibutuhkan untuk mengerjakan rencana besarNya. Hanya saja kita sering tidak menyadari potensi yang ada pada kita. Yang kita sadari hanyalah kelemahan dan kekurangan kita. Akibatnya kita merasa tidak layak. Kalau hal ini terus berlarut, Iblis yang akan memetik keuntungan dan bersukacita atas kita, karena Iblis tidak menghendaki rencana Tuhan itu terjadi dalam hidup kita. Karenanya mari sadarilah bahwa Allah memberikan kelebihan dalam diri kita, kita hanya diminta menggalinya dan mengarahkannya kepada kemuliaan Tuhan. Sadarilah itu.

“Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.” (Keluaran 3:10)

BE.729:1 “Laho ma Hamu”
Laho ma hamu tu liat portibi on/ Ninna Jesus Kristus Tuhan i/ Ninna Jesus Kristus Tuhan i/ Baritahon ma Barita na uli i/ Tu saluhut na tinompa i/ Tu saluhut na tinompa i /Asa marlas ni roha ma langit
Nang dohot hajang hajang i/Marolopolop angka ladang i/Rodi hau na di harangan i/Martopaptopap sunge i
Marhasakhasak tao nang laut i/ Marolopolop ma portibi on/ Nang sudena pangisina i/ Amen

Doa
Ya Tuhan, saya tahu, Tuhan memiliki rencana besar dalam hidup kami, karena itu berikan kami kenanpuan menyadari dan menggali potensi lebih baik lagi agar kami menjadi mampu melaksnakan perintah dan pengutusanmu.

Selamat hari Senin
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *