ARTI SALIB BAGI KITA

ARTI SALIB BAGI KITA

Selasa, 7 April 2020

Dunia membenci salib! Ketika mendengar berita tentang salib orang-orang dunia akan tertawa dan menganggap itu kebodohan. Masih ingat ceramah salah satu tokoh agama yang melecehkan Salib dengan menyebutnya jin kafir? Ketika masalah ini mencuat yang bersangkutan tidak meminta maaf, karena tidak merasa bersalah. Apakah kita menjadi marah dan merancang demo berjilid-jilid? Tentu tidak! Mengapa? Kita beda kelas dengan mereka. Hidup kita adalah Kasih, tidak membalaskan kejahatan dengan kejahatan, dan Itu kelebihan kita! Tentang Salib, Alkitab sangat jelas mengatakan bahwa itu adalah kebodohan bagi mereka yang akan BINASA! Memang, orang-orang berdosa tidak akan pernah mengerti apa itu dosa dan dampaknya, apalagi cara supaya dapat terlepas dari dosa. Akibatnya semua yang dikerjakan Tuhan bagi umat manusia di dunia ini dianggap sebagai suatu kebodohan yang tidak bisa dimengerti sama sekali. Rasul Paulus sangat mengerti hal ini: dunia telah memilih jalan hidup menurut keinginannya sendiri, mengandalkan kekuatan, kekayaan dan kepintaranya sendiri sehingga merasa tidak membutuhkan Tuhan. Bagi mereka yang tidak diselamatkan dan akan binasa, berita salib adalah kebodohan, tapi bagi kita yang diselamatkan, berita Salib adalah bukti kasih Tuhan kepada kita. Salib mengingatkan kita akan pengampunan dari Tuhan dan kita diperdamaikan dengan Allah. Ketika kita mendengar kata Salib kita diingatkan akan penyelesaian hukum terhadap dosa-dosa kita karena Tuhan Yesus mati di situ. Tuntutan hukum yang seharusnya dijatuhkan pada kita, telah digantikan oleh Tuhan Yesus. Dan terakhir Salib mengingatkan kita akan anugerah Tuhan. Tanpa anugerah, kita tidak bisa mengerti apa yang Kristus lakukan.

“Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.” (1Korintus 1:18)

BE.86:1 “Silang na Badia i”
Silang na badia i Ho do lombulombungki Maralohon dosa i Dohot pandelean i Di sude sitaonon i Ho ma lombulombungki

Doa
Terima Kasih ya Tuhan Yesus atas pengorbananMu, menderita dan mati di kayu Salib yang menjadi pemberitaan kepada anugerah dan keselamatan atas hidup kami, ajar kami mensyukurinya dan mewujudkan makna pengorbananMu di dalam hidup kami. Amin

Selamat hari Selasa
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *