BAGI TUHAN TAK ADA YANG TERLAMBAT

BAGI TUHAN TAK ADA YANG TERLAMBAT

Rabu, 8 April 2020

Mazmur 70 ini merupakan pancaran iman Daud yang mampu menerobos keadaan genting.Pengenalannya akan Allah menolongnya untuk tidak putus asa ataupun terpancing untuk bertindak gegabah, ketika diperhadapkan dengan situasi yang tidak terkendali. Sebaliknya, ia menunjukkan respons yang sangat mengagumkan. Dalam keadaan genting, ia menyediakan waktu sejenak untuk berdiam diri di hadapan Tuhan, berinteraksi dengan-Nya, dan berdoa memohon agar Tuhan memberikan pertolonganNya dengan segera. Ia menyadari ketidakberdayaannya, namun memiliki pengharapan yang kuat kepada Tuhan. Ia tidak bertindak gegabah mengandalkan kekuatan dan strateginya sendiri, melainkan bergantung sepenuhnya kepada pertolongan Tuhan. Inilah teladan dari iman yang terpancar kuat di tengah keadaan yang genting. Keputusan untuk bergantung sepenuhnya kepada Tuhan dalam situasi yang genting, bukanlah tindakan yang mudah diterapkan. Tetapi di sinilah letak nilai iman. Karena di dalam iman terkandung risiko. Iman yang mampu menerobos segala keadaan dan keterbatasan adalah iman yang mampu bertahan ketika diperhadapkan dengan pertaruhan dan risiko yang besar. Dari kondisi ini dapat dipahami bahwa Tuhan tidak ada kata terlambat karena Ia tahu persis waktu yang tepat untuk bertindak, karena itu tetaplah bertekun dan menantikan Dia!

“Tetapi aku ini sengsara dan miskin — ya Allah, segeralah datang! Engkaulah yang menolong aku dan meluputkan aku; ya TUHAN, janganlah lambat datang!” (Mazmur 70:6)

BE.758:1 “Jahowa Pangurupi”
Jahowa pangurupi di siulaonmi / Dilehon pos ni roha di ganup tingki i / Nang pe sipata ganggu haporseaonmi/ Jamot tongtong Tuhanmu manjaga ngolumi/

Doa
Kami puji Engkau ya Tuhan sepanjang hidup kami, karena kami tahu kasih dan berkatMu tiada pernah pernah datang terlambat memenuhi hidup kami. Amin.

Selamat hari Rabu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *