SELALU BERHARAP PADA TUHAN

SELALU BERHARAP PADA TUHAN

Sabtu, 11 April 2020

Apakah saudara pernah Meratap? Apa yang anda Ratapi? Apapun alasannya, ternyata hal yang sama juga berlaku kepada Yeremia. Dia menuliskan ratapannya dalam satu Kitab sebagai ungkapan kepedihan hatinya yang mendalam atas kehancuran Yerusalem: tembok-tembok kota yang runtuh dan pembuangan orang-orang ke Babel. Sambil duduk ia menangis dan meratapi Yerusalem, Ia merasa dirinya di dalam gelap seperti orang yang sudah lama mati. Namun meskipun demikian, di balik apa yang dia ratapi ada janji pemulihan bagi setiap orang yang berharap kepada Tuhan! Janji pemulihan disediakan bagi orang-orang yang senantiasa bertekun menati-nantikan Tuhan. Menantikan Tuhan berarti menaruh harap dan memercayakan hidup sepenuhnya kepadaNya serta memandang Dia sebagai satu-satunya sumber pertolongan, bukan yang lain! Orang yang menati-nantikan Tuhan akan beroleh kekuatan baru, kemampuan untuk mengatasi masalah dan kesanggupan untuk terus berjalan maju melewati badai. Apa alasan kita berharap kepada Tuhan dan menantikanNya? Karena “Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmatNya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaanMu!” (Ratapan 3:22-23). Tuhan juga telah berjanji bahwa Ia sekali-kali tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita, “Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: ‘Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? Betul?!

“Ia menempatkan aku di dalam gelap seperti orang yang sudah lama mati.” (Ratapan 3:6)

BE.289:2 “Pos Ma Ho Rohangku”
Pos ma ho rohangku di Debata/ Bonom ma arsakmu tu rohaNa da/ Lao mago pe na dison sude/ Sonang bahenonNa sogot ho muse/ Ale Jahowa Haposanki/ Sai togihon ahu tu Surgo i.

Doa
Ya Tuhan Yesus, ketika kepedihan dan kedukaan mewarnai hidup kami saat ini, ajarlah kami untuk tetap kuat dan tidak takut, karena kasihMu yang tak berkesudahan dan selalu baru setiap pagi. Hanya kepadamulah kami berharap senantiasa. Amin

Selamat hari Sabtu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *