BERANI UNTUK SETIA

BERANI UNTUK SETIA

Jumat, 17 April 2020

Orang-orang Kristen yang ada di Asia Kecil (Turki sekarang) sedang mengalami tekanan dan penganiayaan karena beriman Kepada Yesus Kristus. Karena kondisi itulah Rasul Petrus menuliskan suratnya yang pertama kepada orang Kristen yang ada di sana yang disebutnya dengan istilah: Umat Pilihan Allah. Maksud utama surat ini untuk menguatkan iman mereka dengan mengingatkan mereka akan Injil yang dibawakan oleh Yesus Kristus yang merupakan jaminan dan tumpuan harapan orang beriman. Dia sudah mati sekali untuk segala dosa kita, bangkit, naik ke Surga dan kedatanganNya kedua kali sedang kita nantikan. Dengan pemahaman seperti itu orang Kristen hendaknya rela dan tahan menderita, sambil menyadari bahwa penderitaan itu merupakan ujian apakah kita betul-betul percaya kepada Kristus. Saat ini kita sedang diingatkan bahwa adakalanya kita akan menderita karena melakukan kebenaran, baik karena memberitakan Injil atau karena menjalani hidup saleh yang bertentangan dengan nilai-nilai dunia zaman sekarang. Kita diingatkan untuk tidak menjadi gentar, tetapi tetap setia dan menguduskan Kristus di dalam hati kita sebagai Tuhan. Ketika kita memutuskan untuk menguduskan dan setia kepada Kristus, Dia akan menolong kita dan memiliki keberanian dan kemampuan mengatasi ketakutan pada saat iman kita diuji.

“Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh” (1Petrus 3:18)

KJ.446:1 “Setialah”
Setialah kepada Tuhanmu, hai kawan yang penat./ Setialah, sokonganNya tentu di jalan yang berat./ ‘Kan datang Raja yang berjaya menolong orang yang percaya. Setialah!

Doa
Ya Allah Bapa di Surga ajar kami untuk selalu setia, apapun juga yang terjadi dalam hidup kami. Engkau telah mati untuk segala dosa kami, dan kesetiaan itulah tanda kami tetap beriman kepadaMu. Amin

Selamat hari Jumat
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *