YESUS KRISTUS MENGUATKAN KITA

YESUS KRISTUS MENGUATKAN KITA

Kamis, 30 April 2020

Masih ingat profil Timotius dalam Alkitab? Dia adalah seorang Kristen yang masih muda di Asia kecil (Turki), yang menjadi kawan dan pembantu Paulus dalam pelayanan. Ayahnya seorang Yunani dan Ibunya seorang Yahudi. Paulus menuliskan surat penggembalaan ini kepadanya ketika dia sedang berhadapan dengan ajaran-ajaran sesat yang berseliweran di jemaat Efesus. Ajaran-ajaran itu merupakan campuran faham Yahudi dan faham bukan Yahudi berdasarkan kepercayaan bahwa semesta alam sudah jahat, dan keselamatan hanya dapat diperoleh kalau orang mempunyai pengetahuan tentang rahasia tertentu, dan mentaati peraturan-peraturan seperti tidak boleh kawin, pantang makanan-makanan tertentu dan lain sebagainya. Timotius diminta untuk tetap mempertahankan kemurnian Injil dan melakukan pelayanan yang memberitakan kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas, sebuah tugas dan pekerjaan yang tidak mudah tentunya. Umur Timotius yang masih sangat muda dan peliknya masalah doktrinal (ajaran) yang muncul saat itu, menjadi dasar Rasul Paulus menguatkan dan menyemangatinya dengan mempersaksikan apa yang Tuhan telah berikan kepadanya. Paulus mengucap terima kasih kepada Yesus Kristus yang sudah memberinya kekuatan untuk melayani dan menganggap dia layak untuk tugas itu. Paulus mau mengajak Timotius dan kita saat ini untuk menyadari bahwa apapun tugas dan tanggung jawab kita saat ini, kita layak dan dilayakkan untuk melakukannya. Dan ketika kita menjalani itu, kita berhadapan dengan beragam beban dan masalah, ketahui dan sadarilah Yesus hadir dalam hidup kita dan menguatkan kita. Masihkah itu kita rasakan? Ketika kita masih merasakannya, ucaplah syukur!

“Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku.”(1Timoteus 1:12)

BE.194:1-2 ”Aut So Asi RohaM”
Aut so asi rohaM, aut so godang basaM, tu dia au? Alai dibaen basaM, dohot asi rohaM, tu surgo au
Mauliate ma, di Ho o Debata, ala basaM/ Sibahen dalan i, marhite AnakMi, tu banuaM

Doa
Segala kemuliaan dan ucapan syukur kami sampaikan kepadaMu ya Allah Bapa di dalam Yesus Kristus yang telah melayakkan dan menguatkan kami dalam segala pekerjaan kami. Amin.

Selamat hari Kamis
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *