ACARA IBADAH PASKAH I 12 APRIL 2020

1. SALAM DAN AJAKAN BERIBADAH (P: Pemimpin, K: Keluarga )
P:  Saudara-saudara yang kekasih! Salam sejahtera bagi kita semua”, hari ini adalah hari yang penuh sukacita yang dianugerahkan Tuhan bagi kita umatNya. Kita merayakan Paskah mengingat kemenangan Yesus Kristus mengalahkan sengat maut. Dengan hati yang gembira dan tulus ikhlas sampaikanlah ”Salam Paskahmu” kepada yang duduk disekitarmu, ucapkanlah ”Selamat Paskah dan Salam Sejahtera bagimu!”
K: Kristus sudah menang mengalahkan kuasa maut. kemenanganNya adalah kemenangan seluruh umat percaya di bumi ini. Awal dari  kehidupan yang baru sudah dinyatakan dalam kebangkitanNya dan kuasa kebangkitanNya membangkitkan seluruh orang percaya dari setiap belenggu yang mengikatnya. Oleh karena itu nyatakanlah syukurmu kepadaNya,
P: Saudara-saudara yang kekasih, kita patut berterima kasih untuk kasih setia Tuhan, yang telah mati dan bangkit demi kita umat yang berdosa ini. Sungguh hari ini Tuhan adakan syukur bagi kita. Oleh kebangkitanNya kita beroleh suka cita. Marilah kita persiapkan hati dan pikiran kita untuk beribadah kepadaNya. Kita bernyanyi

2. MARENDE B.E. No. 93:1-2 PESTA PASKA HATUAON BL. 94
•  Pesta Paska hatuaon Pesta Paska haluaon Sian hamatean i. Sian hamatean i / Tuhan Jesus do pasuang hangoluan, hasonangan Tu saluhut jolma I.
Talu ho banuatoru Ndang tarbahen tiopanmu Raja Siparngolu i Raja Siparngolu I Hamatean, hamagoan Na so pola habiaran Nunga talu I sude

3. VOTUM – INTORITUS – DOA
P: Dengan mengandalkan nama Allah Bapa, dan nama anakNya Yesus Kristus, dan nama Roh Kudus yang menciptakan langit dan bumi, kita buka ibadah ini. Amin. Sesungguhnya Tuhan telah bangkit. Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita karenaNya.
K: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru. Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita.
P: Bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci. Maut telah ditelan dalam kemenangan.
K: Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.
P: Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari anatara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh RohNya, yang diam di dalam kamu. Haleluyah!
K: Menyanyikan ( HALELUYA, HALELUYA, HALELUYA )
P: Marilah kita berdoa! Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan kami, kami mengucapkan terima kasih kepadaMu, karena Engkau telah menaklukkan dosa dan maut oleh karena kebangkitanMu dari kematian. Kami tidak lagi takut akan maut karena Engkaulah pemimpin kami dan kami adalah umatMu. Ya Allah Bapa, curahkanlah Roh KudusMu ke dalam hati kami, supaya iman kami semakin kokoh, dan penuh dengan pengharapan yang teguh, sehingga dalam segala sesuatu kami berbuat menuruti kehendakMu saja, dan untuk kemuliaan Tuhan, yang kelak juga kami peroleh segabai orang percaya kepadaMu bersama-sama denganMu dalam KerajaanMu. Amin.

4. MARENDE B.E No. 89 : 1 ATE DI DIA SOROPMI BL.130
Ate di dia soropMi Nuaeng, o hamatean? Di dia hamonanganmi Nuaeng banuatoru? Na talu do hamu sude Na talu do sibolis pe Ai ditaluhon Jesus

5. MAKNA PASKAH DALAM KEHIDUPAN
P: Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan . . .! Kristus sudah bangkit, kuasa maut sudah dikalahkan. Hari kemenangan dan keselamatan sudah tiba menguasai kehidupan. Di dalam kebangkitan Kristus, ketakutan berubah menjadi keberanian, keragu-raguan berubah menjadi kepastian dalam kehidupan.
K:  Ya Tuhan Allah …! Kuatkanlah kami supaya kami semakin berani mengikuti Engkau, di tengah-tengah banyaknya tantangan hidup yang kami hadapi saat ini.
P: Kristus sudah bangkit, kuasa maut sudah dikalahkan. Kebangkitan Kristus awal dari sesuatu yang baru dan akhir dari sesuatu yang lama. Hidup semakin bermakna karena kasih, pengampunan dan perdamaian mewarnai kehidupan.
K: Ya Tuhan Allah ! Kuatkanlah kami menjalani hidup ini dengan semangat menaburkan kasih di tengah-tengah kebencian, membawa perdamaian di tengah-tengah perselisihan dan membawa pengampunan di tengah-tengah permusuhan.
P: Kristus sudah bangkit, kuasa maut sudah dikalahkan. Kebangkitan Kristus awal dari kuasa terang dan akhir dari kuasa kegelapan. Hidup semakin bersinar di dalam pancaran iman, pengharapan dan kasih.
K: Ya Tuhan Allah …! Kuatkanlah kami menjalani hidup ini dengan daya hikmat sorgawi, menghentikan segala jenis kekerasan, menciptakan kerukunan dan mewujudkan perjuangan keadailan.
P: Kristus sudah bangkit, kuasa maut sudah dikalahkan. Kebangkitan Kristus awal dari kesetaraan dan akhir dari segala bentuk diskriminasi. Hidup semakin indah di dalam saling mendukung, saling menyemangati dan saling menopang.
K: Ya Tuhan Allah! Kuatkanlah kami menjalani hidup ini dengan komitmen yang baru menciptakan kesatuan di tengah-tengah perbedaan dan menghargai perbedaan di tengah-tengah kesatuan. Kuatkan dan teguhkanlah kami dalam melakukan kehendakMu. Amin.

6. MARENDE BE.633: 1 Nunga hehe Kristus I
Nunga hehe Kristus I haleluya sian hamatean I haleluya parlangitan jouhon ma. Haleluya tano on alusi ma haleluya.

7. DOA PENGAKUAN DAN JANJI ATAS PENGAMPUNAN
P : Allah telah menyatakan kasih setiaNya dalam hidup umatNya. Kristus, AnakNya yang tunggal, telah diserahkanNya kepada kematian sebagai ganti dan penebusan atas dosa dan pelanggaran kita supaya kita kembali beroleh hidup, sebab upah dosa adalah maut. Tetapi Kristus telah bangkit dan mengalahkan jerat kematian. Karena itu saudara yang terkasih, tunduklah dalam penyesalan kepada Tuhan, karena dosa dan pelanggaranmu terhadap firmanNya. Lihatlah dan renungkanlah bagaimana Kristus telah melewati kematian dan memenangkannya supaya siapa yang percaya kepadaNya tidak binasa.
K : Ya, Tuhan kami yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kini kami umatMu yang berdosa ini datang ke hadapanMu untuk mengaku dosa-dosa kami. Sungguh kami menyadari betapa seringnya kami menyimpang dari jalanMu yang benar itu. Kami sering melakukan perbuatan yang bertentangan dengan kehendakMu, baik melalui perkataan, tindakan dan cara-cara kami yang melukai sesama kami. Kami juga sering melupakan persekutuan kami dengan Tuhan karena terlena dalam hawa nafsu kedagingan kami. Lihatlah kami anak- anakMu ini, yang sering mendukakan hati sesama, orang tua dan para pemimpin kami, terutama mendukakan hati Tuhan. Ya, Tuhan,kasihanilah kami, dan ampunilah kesalahan kami.
K : Mangendehon BE. 227 :”Jesus Ngolu ni Tondingku”
Jesus ngolu ni tondingku, Ho do haporusanki Gok di Ho nama diringku ro di nasa langkangki
P : Ya Tuhan kami, berikanlah Roh KudusMu tinggal di dalam hati kami, karena jalan kami sering tersesat dalam dunia yang penuh godaan dan tantangan ini. Kuatkanlah kami untuk m elawan dosa kemudaan kami. Ampunilah kami dalam segala dosa dan pelanggaran kami.
K : Mangendehon BE. 227 :”Jesus Ngolu ni Tondingku”
Jesus ngolu ni tondingku, Ho do haporusanki Gok di Ho nama diringku ro di nasa langkangki
P : Dengarkanlah Janji Tuhan tentang pengampunan dosa: ”Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil Engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu. Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, dan tidak ada Juruselamat selain daripadaKu”
P+K: Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Maha tinggi. Amin.

8. MARENDE B.E. No. 179:1 ADONG DO SADA MUAL BL.20
Adong do sada mual i, di na mardosa I, Mansai denggan do mual i pasonang rohangki

9. PEMBACAAN EPISTEL : JOHANES 11: 25-27
P : Marilah kita membaca Epistel pada Ibadah minggu Paskah saat ini yang tertulis dalam Johanes 11: 25-27 Jawab Yesus: akulah kebangkitan dan hidup. Barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati
K : Dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepadaku, tidak akan mati selamalamanya, percayakah engkau akan hal ini?
P : Jawab Marta: Ya Tuhan aku percaya bahwa Engkaulah Mesias, anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia. Demikian firman Tuhan,Berbahagialah orang yang mendengar dan yang melakukan firman Tuhan.
K : Amin

10. MARENDE B.E No. 92:1 PUJI MA NA MANALUHON BL. 178
Puji ma na manaluhon Dosa hamatean i,Puji ma na pangoluhon Saluhut pardosa I Jesus na dung mate i Las roham o huriaNa, Ala na                 mamillit ho, Jesus i mangolu do

11. DOA SYAFAAT
12. MARENDE B.E No. 94:1 ALE TONDINGKU NAUNG HEHE BL. 44
Ale tondingku naung hehe Tuhanmu Nunga ditaban do banuatoru Las ma roham ai martua ma ho Rap dohot Jesus mangolu ma ho, Rap           dohot Jesus mangolu ma ho

13. KHOTBAH: MATIUS 28:1-10
JANGAN TAKUT, YESUS SUDAH BANGKIT
Kebangkitan Yesus merupakan bukti dari kekalahan kuasa maut dan jaminan akan keselamatan. Orang-orang percaya layak merespon kebangkitan itu dengan penuh sukacita. Kebangkitan Yesus menegarkan kita menghadapi tantangan dunia ini. Kita tidak perlu berduka, apalagi menjauh dari Tuhan hanya karena tawaran dunia fana ini. Kebangkitan Yesus juga mestinya menguatkan persekutuan orang percaya di dalam Kristus. Persekutuan bertumbuh di dalam kasih Yesus, dimana setiap orang menumbuhkan rasa cinta kasih. Kebangkitan Yesus bukan lagi untuk kita permasalahkan, sebab hal itu sudah menjadi dasar iman kita. (1Kor.15:17) : ‘Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.’ Setelah Yesus bangkit, orang-orang yang datang ke kubur diarahkan oleh malaikat untuk menjumpai Yesus di Galilea. Mengapa Yesus pergi ke Galilea setelah  KebangkitanNya? Ada catatan-catatan tentang Galilea di dalam Alkitab : (1) Galilea disebutkan sebagai tempat/kota perlindungan. Bagi orang yang merasa tertekan dari ancaman dapat berlindung di Galilea. (2) Galilea adalah sebuah daerah yang menghasilkan banyak kayu yang dimanfaatkan oleh banyak bangsa. Dengan demikian Galilea merupakan sebuah daerah yang aman, sejuk, dan damai. (3) Galilea adalah tempat masa kanak-kanak Yesus. Tentu Yesus menikmati kebahagiaan di tempat ini. Demikian juga ketika ada penangkapan terhadap Yohanes, maka Yesus menyingkir ke Galilea. (4) Yesus memanggil muridNya yang pertama adalah di Galilea (Mark.1:16–18). Oleh sebab itu, apabila Yesus setelah kebangkitanNya pergi ke Galilea, ada pesan yang hendak disampaikan : (1) Dengan kebangkitan Yesus, maka setiap orang percaya harus bersukacita. Orang percaya harus melepaskan diri dari belenggu ketakutan yang tidak berdasar. Tetapi setiap orang percaya meletakkan pengharapannya kepada Yesus yang bangkit itu. (2) Yesus mengingatkan kembali akan permulaan pelayaanNya, yang memanggil murid dari penjala ikan menjadi penjala manusia. Hal ini menjadi pesan bagi kita dalam merayakan kebangkitan Yesus agar sebagai orang percaya dapat menikmati sukacita dengan penuh pengharapan. Dalam pengharapan pada Yesus itulah, kita dipanggil untuk menyampaikan kabar baik bagi orang. Yesus berkata, “Jadilah engkau penjala manusia”. Kita harus terpanggil menyampaikan Kabar Baik, agar orang banyak juga dapat menikmati kebaikan Tuhan. Kebangkitan Yesus memberi pesan bagi kita untuk dapat melayani dan bersaksi dengan kerendahan hati dihadapan Allah. Kita perlu mengubah hati manusia yang dilanda suasana takut, mencekam, sedih, kecewa karena wabah virus corona yang mengganggu kenyamanan dan ketenangan hidup kita menjadi damai sejahteran. Dengan peringatan Kebangkitan Yesus ini, biarlah kita mengalami hidup baru. Hidup baru yang membawa kita kepada pengharapan : bukan saja harapan akan hal-hal yang kita warisi di dalam Kerajaan Allah sesudah mati, tetapi juga harapan akan hal-hal yang kita gumuli kini dan di dunia ini. AMIN

14. MARENDE B.E No. 91:1—– HATUAON DO BL. 55 (P.PELEAN)
1. Hatuaon do Las ni roha do Hangongot ni Tuhanta I Mago do hita Ngot ma Tuhanta Las be, las be ma rohanta I. Mago do hita Ngot ma Tuhanta Las be, las be ma rohanta i.
2. Hatuaon do Las ni roha do Hangongot ni Tuhanta I Monang do Jesus Talu sibolis Las be, las be ma rohanta I. Monang do Jesus Talu sibolis Las be, las be ma rohanta I.
3. Hatuaon do Las ni roha do Hangongot ni Tuhanta I Mungkap do dalan Tu hangoluan Las be, las be ma rohanta I. Mungkap do dalan Tu    hangoluan Las be, las be ma rohanta i.

15. Rap mandok Tangiang Ale Amanami
16. Mangendehon : Amen,Amen,Amen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *