GADA DAN TONGKAT TUHAN MENGHIBUR KITA

GADA DAN TONGKAT TUHAN MENGHIBUR KITA

Sabtu, 02 Mei 2020

Sebagai kelanjutan Renungan Harian kemarin, saat ini dengan hal yang sama Daud mengungkapkan kembali satu kebaikan Tuhan yang telah diterimanya ketika berjalan dalam lembah kekelaman. Lembah kekelaman yang dimaksud oleh Daud adalah tempat yang bernama En-gedi. Suatu lembah yang berkelok-kelok dan memiliki banyak tikungan, sehingga bila berjalan di dalamnya, kita tidak dapat melihat jauh ke depan. Akibatnya, sulit memprediksi apa atau siapa yang menghadang di depan. Daud beberapa kali harus melewati wilayah En-gedi ini, yaitu pada saat dia dikejar-kejar oleh Saul dan juga pada waktu menghindar dari kejaran Absalom, anaknya sendiri. Jadi yang Daud tuliskan dalam mazmurnya adalah merupakan pengalaman pribadi, bukan sekedar istilah untuk menggambarkan kesulitan dalam kehidupannya. Mungkin apa yang dialami Daud adalah juga pengalaman kita hari-hari ini. Kita dikejar oleh masalah dan tekanan hidup dari belakang, sementara itu tantangan yang belum jelas di depan membuat kita kuatir. Kita seolah orang yang putus pengharapan. Bila kita ada dalam situasi seperti ini, ketahuilah bahwa kita memerlukan Tuhan. Datanglah pada Tuhan dan izinkanlah Dia menggembalakan kita dengan gadaNya. Ia akan menghalaukan semua musuh kita, dan dengan tongkat-Nya. Ia akan menuntun kita di jalan yang benar kepada kelepasan dan pemulihan. Tuhan pasti menolong kita. FirmanNya, “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri tahta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya” (Ibrani 4:16). Tunggu apa lagi, segeralah lipat tangan dan berdoalah. Dia hanya sejauh Doa.

“Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”(Mazmur 23:4)

KJ.407:1 ”Tuhan Kau Gembala Kami”
Tuhan, Kau Gembala kami, tuntun kami dombaMu;/ b’rilah kami menikmati hikmat pengorbananMu./ Tuhan Yesus, Jurus’lamat, kami ini milikMu,/ Tuhan Yesus, Jurus’lamat, kami ini milikMu.

Doa
Tuhan Yesus, gembalakanlah hidupku ini, terutama ketika aku berada di dalam lembah kekelaman. Amin.

Selamat hari Sabtu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *