IBADAH KELUARGA MINGGU JUBILATE 03 MEI 2020

1. Bernyanyi BE.565:1-2 “Las rohangku lao mamuji”
Las rohangku lao mamuji Debata parholong i/ Songon bunga namangerbang di na binsar ari i. Arsak, dosa, haporsuhon mago dibaen asiMi. Las ni roha namanontong lehon di au Tuhanki
Sude jadijadianMu, laut, tano, langit i. Angka bintang dohot bulan nang mata ni ari i Hauma, ladang nang harangan rura dohot dolok i. Saluhutna mangendehon sangap di Tuhanta i.

2. Votum – Introitus – Doa
P– Di dalam nama Allah Bapa dan Nama Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus dan nama Roh Kudus, kita meteraikan ibadah ini.
K– Amin.
P– Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi, mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian! Katakanlah kepada Allah: “Betapa dahsyatnya segala pekerjaan-Mu; oleh sebab kekuatan-Mu yang besar musuh-Mu tunduk menjilat kepada-Mu.
K– Betapa dahsyatnya segala pekerjaan-Mu; oleh sebab kekuatan-Mu yang besar musuh-Mu tunduk menjilat kepada-Mu.
P- Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu, memazmurkan nama-Mu.” Marilah, dengarlah, hai kamu sekalian yang takut akan Allah, aku hendak menceritakan apa yang dilakukan-Nya terhadap diriku. Haleluya.
K– (menyanyikan Haleluya-Haleluya-Haleluya)
P– Mari kita berdoa, Ya Allah yang Mahakuasa, puji syukur kami ucapkan kepadaMu, karena Engkau telah mengutus AnakMu yang tunggal itu kepada bangsa-bangsa kafir. Kasihanilah kami, biarlah firmanMu yang kudus itu tinggal di tengah-tengah kami dan keturunan kami. Luaskanlah firmanMu keseluruh dunia, agar sinar terang kemuliaanMu bercahaya atas bangsa-bangsa yang berada di lembah kegelapan dan kuasa maut oleh karena AnakMu, Tuhan Yesus. Amin

3. Bernyanyi BE.724:1 “Tuhan Baenma Ngolungkon”
Tuhan baen ma ngolungkon parbadia ma di Ho. Pangke ma nang tingkikon, mamuji pasangap Ho, mamuji pasangap Ho. Mamuji Pasangap Ho.

4. PEMBACAAN HUKUM TAURAT
P– Dengarkanlah Hukum Taurat Tuhan bagi kita di Minggu Jubilate ini, yang tertulis dalam Titah ke V dan maksudnya. Hormatilah Ayah dan Ibumu supaya lanjut umurmu ditanah yang diberikan Tuhan Allahmu kepadamu
K– Maksudnya adalah Kita harus takut serta kasih kepada Allah, sebab itu jangan kitabersikap remeh terhadap orangtua kita, terhadap pemerintah dan terhadap orangyang lebih tua. Jangan kita menimbulkan kemarahan mereka, tetapi hendaklah kitaselalu menghormati dan mengasihi mereka, menuruti dan menyelami jiwa mereka,serta senantiasa berbuat baik kepada mereka.
P– Demikian Hukum Tuhan, Karena itu, marilah kita memohon kekuatan dari Tuhan untuk melakukan hukum-Nya.
S– Ya Tuhan Allah, kuatkanlah kami melakukan yang sesuai dengan hukum-Mu. Amin

5. Bernyanyi BE.683:2 “Di adopanMu Jesus”
DiadopanMu Jesus lea tutu do diringkon. Dibaen godang ni dosangkon di adopanMu Jesus

6. DOA PENGAMPUNAN DAN JANJI PENGAMPUNAN DOSA
P– Dengan kerendahan hati marilah kita mengaku dosa kita dihadapan Tuhan, Ya Tuhan kami, yang Mahakasih dan Maha Kudus. Setiap kali kami datang ke hadapanMu, kami merasa bahwa kasihMu sangat kami butuhkan. Karena itu kami datang merendahkan diri hari ini kepadaMu dan mengaku bahwa kami sering seperti domba yang sesat menyimpang dari jalan yang benar. Kami sering menjadikan kemampuan yang kami miliki menjadi illah dalam kehidupan kami. Kami begitu menyakini kepintaran, kekayaan serta kedudukan yang kami punyai. Akibatnya, kami lebih percaya kepada semuanya itu daripada kepada-Mu. Ya Allah, berbaliklah dari murka-Mu kepada kami.
K- Kami juga sering lalai akan tugas dan tanggung jawab kami, sebagai orang tua, sebagai anak, sebagai pendidik, sebagai pelayan, pekerja dan sebagai warga jemaat. Kami sering terlalu sibuk memikirkan perkara-perkara duniawi dan mengabaikan perkara yang rohani, sehingga terkadang kami lupa untuk beribadah kepadaMu. Ya, Tuhan, ampunilah kami.
SMenyanyikan KJ.29:1 ”Dimuka Tuhan Yesus”
• Di muka Tuhan Yesus tersungkur kar’na dosaku, Kubuka kerinduanku di muka Tuhan Yesus.
P– Dengan mulut kami menyatakan lebih meyakini kuasa Tuhan, tetapi dalam perbuatan kami, kami sering menyangkal kuasa-Mu. Kekuatan dan Kuasa Tuhan, kami gantikan dengan kuasa dunia ini. Ya Allah, berbaliklah dari murka-Mu kepada kami. Dengarlah berita anugerah dari Tuhan tentang pengampunan dosa-dosa kita: “Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar, Aku mengambil engkau kembali. Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi, Aku telah mengasihani engkau, Firman Tuhan, Penebusmu. Kemuliaan bagi Allah ditempat yang Maha Tinggi.
S- Amin.

7. Bernyanyi BE.190: 1 “Las rohangku situtu”
Las rohangku situtu mida Jesus na lulu Manjalahi hajolma on, ai Ibana paluahon Jolma manisia i sian hamagoan i.

8. PEMBACAAN EPISTEL
P- Saudara saudara, marilah kita membaca firman Tuhan yang di tetapkan untuk hari minggu ini yang tertulis dalam Efesus 5: 15-21 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
K– Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
P- Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
K– Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh
P– Dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.
K- Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita
P- Dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. Demikianlah firman Tuhan. “Berbahagialah orang yang mendengar firman Tuhan serta memeliharanya didalam hatinya
S- Amin

9. Bernyanyi BE.443: 1 “ Dung Tuhan Jesus”
Dung Tuhan Jesus nampuna au songgop dameNa biar hu lao/ Taripar gogo ngoluNai, nasa dosangku naung sae do i/ Tabaritahon holongNa i, didia Tuhan tudoshon i/ Tuk manumpahi tarlobi da, sasada Jesus pinujima

10. Doa Syafaat
(1) Pembangunan gedung sekolah minggu dan rumag pastori gereja HKBP Aek Kanopan; (2) Covid 19 semoga cepat berakhir dan pemerintah secepatnya dapat mengendalikan wabah ini; (3) Kesembuhan bagi pasien Covid 19 (4) Kedisiplinan masyarakat dalam mengikuti himbauan pemerintah dan warga HKBP Aekkanopan terhindar dari wabah ini.

11. Bernyanyi BE.770:3 “Tu Debatami”
Soara ni olopolopna i marsaringar di angka partigor/ Lan do gogo disi mambaen monang i, paima sahat sude tu surgo i/ Lan do gogo disi mambaen monang i paima sahat sude tu surgoi.

12. Renungan minggu
P– Firman Tuhan yang menjadi renungan untuk kita pada hari minggu ini tertulis dalam kitab 1 Tawarik 16:31-36 Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah orang berkata di antara bangsa-bangsa: “TUHAN itu Raja
K– Biarlah gemuruh laut serta isinya, biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya,
P– Maka pohon-pohon di hutan bersorak-sorai di hadapan TUHAN, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi.
K– Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
P– Dan katakanlah: “Selamatkanlah kami, ya TUHAN Allah, Penyelamat kami, dan kumpulkanlah dan lepaskanlah kami dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu.”
K– Terpujilah TUHAN, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya. Maka seluruh umat mengatakan: “Amin! Pujilah TUHAN!”
P– Saat ini saya akan bacakan keterangan bagi kita….

“BERSORAKLAH BAGI TUHAN”
Saudara/i terkasih!
Masihkah kita merasakan pemeliharaan Allah dalam hidup kita? Dalam ajaran Kristen, ini disebut dengan Providentia Dei. Segala peristiwa baik atau buruk, menyenangkan atau tidak menyenangkan, penderitaan atau suka cita, dalam kecukupan materi atau kekurangan materi, dalam kondisi sehat atau dalam kondisi sakit sesungguhnya semuanya itu dalam pemeliharaan Allah. Ketika orang Kristen sungguh-sungguh mengerti dan menghayati pemeliharaan Allah, dia akan merasakan sukacita dan damai yang luar biasa karena dia hidup di tengah-tengah pekerjaan Allah yang membawa kebaikan dalam hidupnya. Hal yang sama dapat kita lihat dalam perikop hari ini. Kitab 1Tawarikh merupakan kitab yang memuat riwayat pemerintahan Daud sebagai raja Israel. Menurut para ahli, penulis dari kitab ini adalah Ezra, seorang imam, setelah orang Yahudi kembali ke Yerusalem dari pembuangan Babel dan Persia. Inilah masa keputusasaan dan kekecewaan umat Allah. Ezra ingin memberi mereka harapan dengan menunjukkan bahwa Allah tetap mememelihara dan menyertai hidup mereka, dan hal tersebut semakin didukung oleh Daud yang begitu menghormati Allah dimana dia terus menerus memberikan contoh yang dapat mengajari dan mempengaruhi generasi untuk menyadari bahwa Tuhan sang pencipta alam semesta berkuasa atas segala yang diciptakannya.
Nas ini berisikan nyanyian ucapan syukur bangsa Israel kepada Allah karena merasakan penyertaan Tuhan ketika berhadapan dengan musuh. Mereka cukup tahu diri bahwa mereka tidak memiliki kemampuan mengalahkannya, namun karena penyertaan Tuhan bangsa itu tenang dan menang, karenanya Daud menyuruh Asyaf dan saudara-saudaranya menyanyikan syukur bagi Tuhan. Dalam nyanyian ini terungkap bahwa penyertaan Tuhan itu ternyata sudah ada sejak mereka keluar dari Mesir dan melalui ungkapan iman ini, semua bumi dan langit bersorak-sorai melihat kekuasaan Tuhan. Biarlah gemuruh laut, pohon-pohon dihutan, semuanya bersyukur kepadaNya karena Dia baik dan bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya. Umat Israel tidak perlu lagi minta pertolongan kepada ilah-ilah lain karena ada Tuhan siap setiap saat menolong mereka. Dan itu sudah menjadi pengalaman iman mereka disepanjang kehidupannya, hal ini nyata dalam ayat 36 seluruh umat mengatakan : amin, pujilah Tuhan, terpujilah Tuhan, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.
Saudara/i terkasih,
Minggu ini disebut minggu Jubilate yang artinya Bersoraklah, karenanya kita sedang diajak untuk bersorak, bersyukur dan memuji Tuhan. Hal ini bukan hal baru bagi hidup orang Kristen. Namun untuk selalu bersyukur bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi jika kita sedang berduka dan dalam kesusahan atau pergumulan hidup. Kita mengucap syukur tergantung keadaan. Jika keberhasilan dan kesuksesan ada pada kita, kita mengucapkan syukur namun apabila yang terjadi justru sebaliknya, kita tidak mengucapkan apa-apa. Dalam 1Tesalonika 5:18, dikatakan “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” Ya, Tuhan Yesus menghendaki kita agar kita dapat bersyukur DALAM SEGALA HAL apapun yang terjadi. Jadi mari kita mulai memilih untuk bersyukur apapun yang terjadi di dalam kehidupan kita. Percayakan hidupmu sepenuhnya kepada Tuhan Yesus yang selalu menjaga. Jika kita dapat percaya akan pemeliharaanNya, tentu tidak sulit untuk kita bisa mengucap syukur. Jubilate, dok Mauliate! Jubilate, Amen!

13. Bernyanyi BE.435:1-2 “Marolopolop tondingki”
Marolopolop tondingki ai naung ditobus Jesus i/ Hamu sude bege ma i, sai las rohangku mandok i/ Sonang ni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki/ TondiNa mangajari au Tarbaen marlasniroha au/ Sonang ni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki
Dihaol holongNa rohangki, tung na so boi be mago i/ MataNa do manatap au, pinggolNa tumangihon au/ Sonang ni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki TondiNa mangajari au Tarbaen marlasniroha au/ Sonang ni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki

14. DOA PERSEMBAHAN–DOA BAPA KAMI
P– Marilah kita berdoa untuk menyerahkan persembahan kita kepada Tuhan. Ya Allah, Bapa kami yang di surga, kami mengaku bahwa Tuhan adalah Sumber dari segala karunia yang melimpah dalam kehidupan kami masing-masing. Sebagian dari pada karunia itu, kami serahkan kembali sebagai persembahan kepada Tuhan. Terimalah dan berkatilah persembahan umatMu ini, agar dapat kami pergunakan untuk pekerjaan dan pelayanan Kerajaan Tuhan di dunia ini. Bukalah hati kami untuk mengenal betapa banyak berkat dan karunia yang kami peroleh dari Tuhan, supaya kami senantiasa bersyukur kepadaMu di dalam nama Yesus Kristus Tuhan kami. Amin. Secara bersama arilah berdoa dalam doa Bapa kami
K- Bapa kami yang di sorga,….. Menyanyikan Amin, amin, amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *