MEMIMPIN DENGAN TELADAN

MEMIMPIN DENGAN TELADAN

Jumat, 08 Mei 2020

Ketika kita berbicara tentang kepemimpinan: kepemimpinan satu bangsa, satu perusahaan atau instansi, gereja, sekolah dan juga keluarga, kita mesti berbicara tentang keteladanan hidup. Pemimpin itu memimpin dengan contoh, bukan dengan paksaan. Bagaimana kita bisa menjadi teladan bagi banyak orang, atau menjadi panutan dalam hal melakukan kehendak Tuhan, itulah inti sebuah kepemimpinan. Rasul Petrus memperingatkan bahwa seorang pemimpin sejati haruslah memiliki hati gembala seperti yang Tuhan Yesus teladankan. Ketika memimpin umat, Tuhan Yesus memposisikan diri-Nya bukan seperti orang yang memerintah atau memimpin dengan tangan besi, melainkan sebagai Gembala yang sedang menggembalakan kawanan dombaNya. Seorang pemimpin sejati mengenal kawanan dombanya dengan baik, alias memiliki kepekaan. Seorang pemimpin harus menyadari bahwa orang-orang yang dipimpinnya itu bukanlah orang yang bisa diperlakukan seenaknya, melainkan kawanan domba yang dipercayakan Tuhan untuk dibimbing, dituntun dan diarahkan ke jalan yang benar. Karena itu kita harus mampu menjadi teladan atau berkat bagi yang dipimpinnya, bukan hanya sekedar memerintah. Inilah yang akan menimbulkan respek dari pengikutnya!

“Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.” (1Petrus 5:3)

BE.238:1 ”Ihuthon Ahu Sude Hamu”
Ihuthon au sude hamu Didok Tuhanta Jesus/ Sai soadahon dirimu Hatangku ma patulus/ Alai bolongkon ma sude Parulanmu na so ture/

Doa
Ya Tuhan jadikan aku menjadi teladan bagi orang lain dengan meneladaniMu di dalam hidupku. Amen

Selamat hari Jumat
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *