BERBAIKAN KARENA ALLAH

Renungan Rabu, 13 Mei 2020

Pernahkah anda memiliki hubungan yang kurang baik dengan orang lain? Banyak faktor membuat kita sampai saat ini, mungkin belum berbaikan dengan orang tersebut. Ego, salah satunya. Ego kita sering menggeser kerendahan hati dan menutup pintu maaf kita. Bagi kita yang kemungkinan masih dalam kondisi ini, apa yang menjadi cara pandang serta sikap Paulus, bisa menjadi pertimbangan yang berharga untuk kita lakukan. Dalam pelayanannya, Paulus pernah mengalami hubungan yang sulit dengan jemaat Korintus. Ada anggota jemaat itu yang telah menyerang Paulus dengan keras bahkan menuduh Paulus sebagai rasul palsu. Akibatnya, suratnya ini dituliskannya penuh emosional dan bersifat pribadi. Namun sebagai pribadi yang hidup berpusat kepada Kristus, pesan-pesan yang disampaikan, walau sedikit mengecam, justru membawa kegembiraan karena menghasilkan pertobatan dan kerukunan. Dia mengatakan bahwa Allah mengutus PutraNya Yesus Kristus untuk menjembati rekonsiliasi antara para pendosa dengan diriNya melalui kematianNya di kayu Salib. Paulus melihat pelayanannya sebagai bagian dari rencana ilahi ini. Karenanya dia merasa tidak perlu menyerang balik orang yang telah menyudutkannya. Sebagai duta bagi Kristus, dia menyampaikan pesan kepada mereka, “berilah dirimu didamaikan dengan Allah”. Dengan memberi diri didamaikan, maka kebaikan akan ada padanya dan tentunya akan membawa kebaikan tersebut kepada orang lain. Ya, itulah yang ditunjukkan oleh Paulus, dan ini saatnya kita melakukan hal yang sama.

“Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.” (2Korintus 5:21)

BE.508:4 ”Sai Patogu Rohangki”
Lehon hagogoonMi, maralohon dosa i/ Unang talu au disi, sai maporus musungki/ Lehon di portibi on hamonangan di au on/ Dok tu au : Hutogu pe ho tu Surgo i muse

Doa
Berikan kekuatan bagiku ya Tuhan, agar aku imampu membawa pesan kebaikan yang daripadaMu kepada orang lain. Amin

Selamat hari Rabu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *