DIMURNIKAN SEPERTI PERAK

Renungan Sabtu, 16 Mei 2020

Mungkin kita pernah atau sering mendengarkan perkataan Latihan. Tentang perkataan ini, mungkin juga kita memiliki pandangan yang beragam. Namun yang pasti, ketika kita sedang latihan yang perlu dipahami adalah bahwa sesungguhnya latihan bukanlah ujian agar lolos atau bukan tingkat tertentu. Sebaliknya, latihan merupakan sesuatu yang harus di jalani terus-menerus untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Mungkin kita pernah merasa tidak nyaman atas pergumulan yang sedang dihadapi. Allah memperkenankan kita mengalami masa-masa ujian tersebut untuk menguatkan otot-otot rohani dan ketahanan kita. Allah mengajar kita untuk mengandalkanNya, dan memurnikan kita agar menjadi kudus, sehingga kita menjadi semakin serupa dengan Kristus. Tidaklah mengherankan jika pemazmur dapat memuji Allah yang telah memurnikan bangsa Israel melalui api dan air (Mzm. 66:10-12) ketika mereka menderita dalam perbudakan dan pembuangan. Allah tidak hanya menjaga dan membawa mereka ke tempat yang berkelimpahan, tetapi juga memurnikan mereka sepanjang proses tersebut. Ketika kita mengalami ujian, kita dapat mengandalkan Allah untuk memperoleh kekuatan dan ketahanan. Allah sedang memurnikan kita melalui momen-momen terberat itu.

“Sebab Engkau telah menguji kami, ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak.” (Mazmur 66:10)

BE.462:3 ”Ale Tondi Porbadia”
ApiMi sai lam pagalak, sondang di na holom i/ Asa las, tiur ma halak, lam pita huriaMi/ Lam pita, lam pita, lam pita huriaMi.

Doa
Tuhan, kami tahu Engkau memperkenankan kami mengalami pencobaan agar kami dikuatkan dan dimurnikan. Ajarku selalu mengandalkanMu untuk dapat bertahan. Amin.

Selamat hari Sabtu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *