PERMINTAAN AKAN DIKABULKAN TUHAN

Renungan Selasa, 19 Mei 2020

Saya dan anda, sangat mungkin memiliki banyak keinginan dan permintaan. Dalam jam doa, kita mungkin sudah menyebutkannya. Apa yang kita minta itu, mungkin ada yang sudah dipenuhi dan mungkin ada yang belum dipenuhi. Kita masih diminta untuk lebih panjang sabar dan lebih tekun lagi berdoa. Salah satunya permintantaan kita agar wabah Covid 19 ini berhenti. Kayaknya, kita mesti sabar dan lebih disiplin lagi. Apabila permintaan kita dipenuhi, kita pasti bersukacita. Namun kita akan kecewa jikalau hal itu, belum terpenuhi. Namun, apa memeng harus demikian? Sebagaimana renungan kemarin, renungan hari ini masih berisikan tentang Tuhan Yesus mengingatkan para Murid akan satu pengalaman dramatis. Hidup mereka akan diwarnai duka cita karena kematian Guru mereka. Namun, dukacita mereka tidak berlangsung lama. Tuhan tidak akan seterusnya berada di dalam kubur, tetapi akan bangkit mengalahkan dosa dan kematian. Dukacita diganti oleh sukacita, dan hal ini akan mengubahkan hidup mereka secara radikal. Sukacita mereka akan tetap ada bukan saja karena permintaan mereka dipenuhi, namun justru ketika permintaan itupun belum terpenuhi, mereka punya sukacita. Mereka sudah punya Tuhan, dan dapat diandalkan. Dia akan memenangkan hidup mereka, dan yang akan memenuhi segala permintaan mereka kepada Bapa, di dalam namaNya. Sukacita yang sama juga akan hadir dalam hidup kita ketika kita mengandalkan Tuhan. Segala permintaan kita akan diberikanNya, sesuai dengan waktu Tuhan, bukan waktu kita. Sesuai dengan kehendak Tuhan, bukan karena kehendak kita. Mari tetap optimis dan beriman dinamis.

“Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.” (Yohanes 16:23)

BE.813:1 ”Pangido Hamu Ma”
Pangido hamu ma, sai na lehononNa do tu hamu/ Lului hamu ma, sai na jumpangan do hamu/ Sai tuktuhi hamu ma, sai na ungkaponNa do di hamu/ Angka pangidoanmuna disarihon Debatamu.

Doa
Ya Allah yang baik, Engkau mengetahui dan mendengar apa yang menjadi keinginan dan permintaan kami. Berikanlah itu sesuai dengan kehendakMu. Amin

Selamat hari Selasa
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *