TUHAN MENGETAHUI SEGALA SESUATU

Renungan Rabu, 20 Mei 2020

Inilah hari ketiga dimana Injil Yohanes menyapa kita. Hari pertama kita disapa dengan judul ketika DUNIA MEMBENCI KITA; hari kedua, PERMINTAAN AKAN DIKABULKAN TUHAN; dan saat ini kita disapa dengan judul TUHAN MENGETAHUI SEGALA SESUATU. Jika kita mempelajari Alkitab lebih sungguh, kita akan mengetahui bahwa secara alami hati manusia itu tidak baik dan cenderung mengarah kepada hal-hal jahat. Manusia tidak mengerti keadaan hatinya sendiri dikarenakan pengaruh dosa yang ada di dalam dirinya. Siapa yang mengetahui keadaan hati kita? Alkitab menjawabnya dengan gamblang bahwa hanya Tuhan yang mengetahui hati kita. Yeremia mengatakan “Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin,” (Yer. 17:10a), Pemazmur juga menyatakan, “masakan Allah tidak akan menyelidikinya? Karena Ia mengetahui rahasia hati!” (Mzm 44:22). Bahkan Tuhan mengerti segala niat dan cita-cita manusia (baca 1Taw.28:9). Setelah mendengar pengajaran Tuhan Yesus, para Murid meresponNya dengan sebuah pengakuan bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu! Dan inilah Kabar Baik itu! Tuhan Yesus mengetahui apa yang menjadi pergumulan kita, masalah apa yang sedang kita hadapi, apa yang kita rindukan dan inginkan; apa yang kita rencanakan, apa yang kita kerjakan. Dia tahu apa yang sedang kita rasakan, Dia paham maksud hati kita dan Dia mengerti dengan apa keinginan kita. Karenanya kita harus berupaya menghadirkan Tuhan Yesus dalam hidup kita, agar Dia mewujudkan apa yang Tuhan tahu dari kita.

“Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.” (Yohanes 16:23)

KJ.19:1 ”Tuhanku Yesus”
Tuhanku Yesus, Raja alam raya, Allah dan Manusia,/ Kau kasihi, Kau Junjunganku, Bahagiaku yang baka.

Doa
Ya Tuhan, Engkau mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kerinduanku, terjadilah apa yang menjadi rencanaMu dalam hidupku. Amin.

Selamat hari Rabu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *