LITURGI IBADAH PERINGATAN KENAIKAN TUHAN YESUS KRISTUS, 21 MEI 2020

Topik : MEMBERITAKAN INJIL KEPADA SELURUH CIPTAAN

Panggilan Beribadah:
P : Jemaat yang terkasih, mari kita bersukacita, sebab pekerjaan Tuhan kita Yesus Kristus telah genap, yaitu membebaskan kita dari kungkungan kuasa dosa. Saat ini, kita mengenang hari kenaikan Tuhan kita Yesus Kristus, untuk mempersiapkan tempat bagi kita yang percaya kepada namaNya. Untuk itu mari kita memuji Tuhan, kita bernyanyi!

1. Bernyanyi BN. HKBP No. 97 : 1-3 “Rayakan Dan Hayatilah”
♫♪♫ Rayakan dan hayatilah, kenaikan Tuhan Yesus Kembali pada takhtaNya kekal dan Maha Kudus Sembah dan puji Penebus, yang pulang pada BapaNya Terpujilah namaNya.
♫♪♫ Terbuka pintu gerbangNya, bagi orang percaya Menuju Surga yang baka, tiada maut dan dosa Dosamu diampuniNya semua dipikul olehNya Muliakan nama Tuhan.

2. Votum – Introitus
P : Di dalam nama Allah Bapa, dan nama AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan nama Roh kudus, yang menciptakan langit dan bumi. Amin
Demikianlah firman Tuhan kepada tuanku: ”duduklah di sebelah kananKu. Sampai kubuat musuh-musuhKu menjadi tumpuan kakimu
J : Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan.
P : Dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun. Tuhan telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal:
J : ”Engkau adalah iman untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek”.
P : Tinggikanlah diriMu mengatasi langit, ya Allah! Biarkanlah kemuliaanMu mengatasi seluruh bumi!. Haleluya!
J : (Menyanyikan) Haleluya, Haleluya, Haleluya
P : Marilah kita berdoa! Ya Tuhan Yesus Kristus, Anak Bapa yang maha mulia, yang naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Berilah kami Roh Kudus untuk mengajar kami. Berikanlah kami gembala yang setia kepada firmanMu dan kuatkanlah mereka melakukan pekerjaanNya agar berkuasa melawan si jahat, supaya kerajaanMu semakin tersebar dan berkembang di dunia ini hingga seluruh musuhMu tunduk dan takhluk di bawah kakiMu. Karuniakanlah kepada kami kemenangan atas dosa dan kuasa maut, di dalam Engkau yang hidup Tuhan dan juru Selamat kami. Amin.

3. Bernyanyi BN. HKBP No. 259: 4 “Hai Marilah Jiwaku”
♫♪♫ Hatiku merindukan Kau Yesus Tuhanku Andai ‘ku punya sayap, ‘ku datang padaMu Dengan teman seiman bahagia di rumahMu Memuji nama-Mu, kekal di Surga-Mu.

4. Hukum Tuhan :
P : Dengarlah hukum Tuhan bagi kita dalam memperingati Hari Kenaikan Tuhan Yesus, dari Ibrani 11 : 5 – 6, Beginilah Firman Tuhan: Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya.
J : Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.
P : Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. Demikianlah Hukum Tuhan. Marilah kita sama-sama memohon kekuatan kepada Tuhan.
P/J : Ya Tuhan Allah, kuatkanlah kami untuk melakukan yang sesuai dengan hukumMu. Amin!

5. Bernyanyi BN. HKBP No. 182 : 2 – 3 “KepadaMu “
♫♪♫ Aku menyesal ya, Tuhan, atas semua dosaku Banyak waktuku terbuang kar’na kelalaianku.
♫♪♫ Aku sering meninggalkan jalan kebenaranMu Aku Kristen tapi malang kejahatan ‘ku tempuh.

6. Pengakuan Dosa
P : Jemaat Tuhan, marilah kita datang kehadapan Allah, kita mengaku dosa kita, seraya memohon pengampunan di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus.

(. . Hening . . : menyanyikan BN.HKBP No. 686)
Ku bercelah di depanMu, namun Kau panggil diriku. Ku di kuduskan darahMu. Ya, Anak Domba Allah ku.

P : Marilah kita berdoa:
Ya Tuhan kami yang Mahakasih dan Mahakudus, Bapa kami di dalam Yesus Kristus! Setiap kali kami datang kehdapanMu, kami merasa bahwa kasihMu sangat kami butuhkan. Karena itu kami datang merendahkan diri hari ini kepadaMu dan mengaku bahwa bahwa kami sering seperti domba yang sesat menyimpang dari jalan yang benar, janganlah Engkau mengucilkan kami dari hadapanMu oleh karena dosa dan pelanggaran kami, karena Engkau tidak menginginkan kematian orang fasik, melainkan Engkau menginginkan pertobatannya agar dia selamat. Ampunilah segala kesalahan dan pelanggaran kami dengan perantara penghulu kami yang tunggal, AnakMu Tuhan Yesus Kristus. Tetapkanlah anugerahMu bagi kami dengan perantaraan kesaksian dan kuasa Roh Kudus, supaya kami terhibur dan datang memanggil Engkau, dan agar segala perbuatan dan kelakuan serta pikiran kami menjadi kemuliaan bagi namaMu yang kudus.

J : Menyanyikan BN. HKBP No. 421 : 1 “Ku Sujud DihadiratMu”
♫♪♫ ‘Ku sujud di hadiratMu, sesak dan sedih hatiku Kar’na besarlah dosaku, terimalah aku Dengarlah hambaMu, malangnya diriku ‘Ku beriman kepadaMu, terima hambaMu.
P : Marilah kita mendengar janji Tuhan tentang pengampunan dosa.
Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk disebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi!
J : Amin!

7. Bernyanyi BN. HKBP No. 457 : 4 “Betapakah DalamNya”
♫♪♫ Dan Tuhan naik ke Surga, ke sisi Allah Bapa SuaraNya terdengar membela umatNya S’lalu diperlukanNya meraih yang ditebusNya
‘Ku puji kasihMu, kekal selamanya ‘Ku puji kasihMu, kekal selamanya.

8. Epistel : Ibrani 11: 1-6
P: Marilah kita membaca firman Tuhan yang telah ditetapkan untuk hari ini yang tertulis dalam Ibrani 11: 1-6. Mari kita baca secara responsoria. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
J: Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita.
P: Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.
J: Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allan korban yang lebih baik dari pada orban Kain. Dengan jalan itu Ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa Ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah Ia mati
P: Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.
J: Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, Ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia

9. Bernyanyi BN. HKBP No. 101 : 1 – 2 “KepadaMu Ya Tuhanku”
♫♪♫ KepadaMu, ya Tuhanku, arahkanlah hatiku KepadaMu, agar s’lalu, merindukan FirmanMu.
♫♪♫ Tunjukkanlah kepadaku, jalan menuju Surga ‘Ku ‘kan sesat di jalanku, tanpa bimbingan Tuhan.

10. Pengakuan Iman
P : Sebagaimana teman-teman seiman di seluruh dunia, marilah kita mengaku iman kepercayaan kita.
P+J : Aku percaya kepada . . . . dst.

11. Doa Syafaat
12. Bernyanyi BN. HKBP No. 636: 1-2 “Yesuslah Raja Yang Besar” (Persembahan 1a + 1b)
♫♪♫ Yesuslah Raja yang besar, bagi semua ciptaan Walau berakhir dunia, KerajaanNya ‘kan tetap.
♫♪♫ Rangkaian doa, puijian selalu naik kepadaNya NamaNya harum dan kudus karena pujian syukur.

13. Khotbah: MARKUS 16 : 15 – 20
P: Lalu Ia berkata kepada mereka: “pergilah keseluruh dunia, beitakanlah injil kepada segala makhluk.
J: Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
P: Tanda-tanda ini akan menyertai orang–orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
J: Mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka akan minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka: mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan oranng itu akan sembuh.”
P: Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikan kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
J: Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertai.

Memberitakan Injil kepada seluruh Ciptaan
Saudara/saaudari yang di kasihi oleh Yesus Kristus: Peritiwa kenaikan Yesus Kristus ke sorga memiliki arti penting dalam iman orang Kristen, yaitu bukti bahwa Tuhan yang kita sembah di dalam nama Yesus Kristus adalah Tuhan yang hidup dan berkuasa Mahatinggi. Dia bukan hanya mengasihi kita, dengan rela mati di kayu salib, lalu bangkit dari kematian di hari yang ke-3. Tetapi, Dia juga naik ke surga. Tuhan Jesus naik ke surga karena memang Dia berasal dari surga, “ Aku dari atas,….Aku bukan dari dunia ini “ ( Joh 8: 23 ). Selain itu, Tuhan Yesus naik surga untuk menyediakan tempat bagi umat-Nya, seperti yang di katakanNya, “ Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepdamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berda, kamu pun berada.” ( Yoh 14: 2 – 3 )

Dalam Nats Khotbah kita saat ini Markus 16: 15- 20 Mengisahkan Yesus Kristus, menyampaikan Pesan kepda para Murid-muridNya, sebelum Dia naik ke surga. Ada beberapa hal yang di sampaikan kepada murid-muridnya:
I. Pergilah ke seluruh Dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Ini adalah amanat Agung yang di sampaikan Yesus kepada murid-muridNya, yang akan di laksanakan, karena missi Allah adalah supaya semua orang berdosa, akan di selamatkan melalui AnakNya Tuhan Yesus Kristus yang menjadi kurban penebusan dosa, melalui kematianNya di kayu salib dan itulah sebabnya..Siapa yang percaya dan di Babtis akan di selamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan di hukum. Orang yang percaya akan di berikan kekuatan dan di berikan hikmat yang dapat di pergunakan mengusir setan-setan, dan juga melawan binatang berbisa seperti ular, dan walau pun meminum racun maut, mereka tidak mendapat celaka, itu adalah suatu jaminan yang di samoaikan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya supaya mereka jangan takut dan gentar untuk menyampaikan Injil, memberitakan Firman Tuhan kepada segala makhluk, secara khusus kepada manusia.
II. Yesus terangkat ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Tuhan Yesus adalah anak Allah yang berasal dari sorga, dan Dia turun ke bumi, untuk menjadi manusia, meninggalkan TahtaNya, dan Dia rela meninggalkan kekuasanNya menjadi manusia yang lemah lembut, supaya manusia dapat mengenalnya Dia maha kasih, Dia pembawa damai, Dia menjadi penurut yang patuh kepada Allah BapaNya Dia mau di korbankan, supaya dunia yang penuh dengan dosa dapat di selamatkan, itulah tugas dan tanggung jawab yang di emban oleh Yesus, yang menjadi teladan kepada setiap orang percaya. Sesudah tugas dan tanggung jawabNya selesai di bumi Tuhan Yesus kembali ke sorga dan duduk di sebelah kanan Allah BapaNya.
III. Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru. Sesuai dengan ketetapan Gereja kita HKBP bahwa tahun ini 2020 telah di tetapkan menjadi tahun Pekabaran Injil ( Tahun Zending ) ini adalah cara HKBP mengingatkan seluruh orang percaya secara khusus jemaat HKBP supaya berperan aktif untuk memberitakan Injil. Para murid-murid Tuhan Yesus yang selama ini aktif mengikuti Tuhan Yesus, sudah dapat menyaksikan dan mengalami apakah yang terjadi selama mereka bersama-sama dengan Yesus, yang banyak membuat mujijat kepada orang yang mau mengikutiNya, orang sakit di sembuhkan, orang mati di hidupkan, orang tertindas yang teraniayah di lepaskan, orang yang menderita di hiburkan, orang yang lapar di kenyangkan, orang yang haus di segarkan dari semua yang dapat di rasakan oleh para murid Tuhan Yesus, itu adalah menjadi bekal yang menjadi pendorong, menjadi motifasi yang kuat membuat mereka semangat untuk memberitakan injil ke seluruh penjuru. Dan itu juga yang memotifasi kita untuk memberitakan Injil, sesuai dengan apa yang dapat kita rasakan dan apa yang dapat kita nikmati selama kita bersama dengan Yesus. Apakah kita sudah merasakan bahwa Yesus itu baik kepada kita ? kita beritakan kepada orang lain bahwa Yesus itu selalu baik kepada kita, Apakah kita sudah merasakan bahwa Yesus itu adalah penyelamat kepada kita ? kita beritakan kepada orang lain, bahwa Yesus itu adalah penyelamat manusia orang percaya kepadaNya dan segala sesuatu yang dapat kita rasakan, segala sesuatu yang dapat kita saksikan ke mahakuasaan Allah melalui Yesus Kristus itulah yang memotifasi kita memberitakan Injil dan FirmanNya ke seluruh dunia dan kepada segala penjuru, Tuhan turut bekerja dan meneguhkan Firman itu dan menyertaiNya. Amin.

14. Bernyanyi BN. HKBP No. 99 : 1- 2 “Engkau Panglima Perkasa” (Persembahan Untuk Ulaon Pengembangan Masyarakat)

♫♪♫ Engkau panglima perkasa, Kau pada hari inilah Kau naik ke tahta Surga TugasMu sudahlah genap, Engkau setia dan tetap, menebus manusia Tabah, gagah dan mulia, Kau kembali naik ke Surga di sebelah kanan Bapa.
♫♪♫ Berjuta-juta serapim, beribu-ribu kerubim memuji Kau yang Jaya Sang jurus’lamat dunia, memperdamaikan manusia dengan Allah di surga, Puji, puji, Yesus Kristus yang setia dengan tulus melakukan p’rintah Allah
.
15. Pengutusan:
P: Ya TUHAN Allah, kami bersyukur atas kenaikan Yesus Kristus ke surga! Ia naik untuk menerima kuasa sebagai Raja semesta dan memelihara kita dengan kasih dan kuasa yang dasyat. Kami juga mengingat amanatNya kepada murid-muridNya, agar setia melakukan pemberitaan firman kepada seluruh makhluk, Untuk itu, berikanlah kekuatan kepada kami, agar kami dapat menjadi pelaku-pelaku firman di manapun kami berada.

P/J: (Menyanyikan) BN. HKBP.No. 724 : 3 “Tuhan Pakai Hidupku “
♫♪♫ Tuhan pakai suaraku memuliakan namaMu Juga tutur kataku memb’ritakan FirmanMu Memb’ritakan FirmanMu.

P: Saat ini, ketika Tuhan menyampaikan amanatNya melalui murid-muridNya, marilah kita juga mewartakan kerajaan Allah kepada seluruh makhluk, agar kerajaan Allah dapat tersebar ditengah-tengah dunia ini, sehingga dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan.

P/J: (Menyanyikan) BN.HKBP.No. 724 : 4 “Tuhan Pakai Hidupku”
♫♪♫ Harta, kekayaanku memuliakan namaMu Dengan pekerjaanku mengabarkan InjilMu Mengabarkan InjilMu.

16. DOA PERSEMBAHAN
Marilah kita menyerahkan persembahan kita kepada Tuhan kita berdoa : Ya Allah Bapak kami yang di sorga. Kami mengaku bahwa Tuhan adalah sumber dari segala karunia yang melimpah dalam kehidupan kami masing-masing. Sebahagian dari daripada karunia itu kami serahkan kembali sebagai persembahan kepada Tuhan. Terimalah dan berkatilah persembahan umatMu ini, agar dapat kami pergunakan, untuk pekerjaan dan pelayanan kerajaan Tuhan di dunia ini. Bukalah hati kami untuk mengenal betapa banyak berkat dan karunia yang kami perroleh dari Tuhan, supaya kami senantiasa bersyukur kepadaMu di dalam nama Yesus Kristus Tuhan kami. Amin . Secara bersama mari kita berdoa : Doa Bapak kami……..
Doa Bapa Kami – Menyanyikan Amen – Amen – Amen

Penyusun: Gr.Darwis Siahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *