TUHAN TIDAK MENINGGALKAN KITA IA AKAN MENJAWAB

Renungan Selasa, 26 Mei 2020

Beberapa hari kedepan, masa darurat bencana Covid 19 di negara kita akan berakhir. Sebagaimana kita ketahui masa darurat bencana ini berlangsung 91 hari (29 Februari 2020 s/d 29 Mei 2020). Kita belum tahu apakah masa darurat bencana ini akan dicabut atau diperpanjang. Namun dengan himbauan pemerintah yang meminta kita untuk berdamai dengan corona beserta himbauan lainnya, sepertinya kita akan memasuki satu fase yang diberi nama New Normal. Namun apapun yang menjadi keputusan pemerintah, kita yakin semuanya dilakukan demi kesehatan dan kesejahteraan kita. Dengan melihat kondisi virus corona masih ada dalam kehidupan di bumi ini, bisa saja kita beranggapan Tuhan tidak menjawab permohonan kita. Apa memang demikian? Hari ini nabi Yesaya kembali menyapa kita dengan perkataan TUHAN akan menjawab dan tidak akan meninggalkan kita. Perkataan ini sesungguhnya disampaikan kepada bangsa Yehuda yang sedang terbuang di Babel. Ketika itu dengan kondisi pahit getir kehidupan yang terjadi, mereka merasa sudah ditinggalkan TUHAN. Karenanya mereka membuat berhala untuk disembah. Yesaya mengingatkan mereka bahwa berhala yang dibuat tangan manusia itu tidak hidup, Allah itu hidup, dan Dia adalah Tuhan yang luar biasa. Dengan pernyataan nabi Yesaya ini kita diajak menjadi pribadi yang optimis. Walau corona belum lenyap dari bumi ini, bukan berarti TUHAN tak menjawab doa kita. Dia punya otoritas sendiri akan hidup kita.
Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan Tuhan dari jalan kita dan rancangan Tuhan dari rancangan kita (Yes.55:9). Dia punya takaran sendiri akan hidup kita. Dan satu yang pasti, walau wabah ini belum meninggalkan kita, Tuhan juga tidak akan pernah meninggalkan kita.

“Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka.” (Yesaya 41:17)

BE.485:1 ”Dongani Au Tuhan”
Dongani au Tuhan sondangi rohangki/ Pangiring ni mataM patongon langkangki/ Sandok sude gogongku padohot pingkiranku/ Huboan peleanku mangula ulaonMu/ Ai i hinalomohonMi, urupi rohangki

Doa
Ya Tuhan, terima kasih buat sapaan firmanMu yang mengatakan bahwa Engkau tidak akan pernah meninggalkan kami. Mampukan kami menyadari itu agar kami hidup dalam pengharapan kepadaMu. Amin

Selamat hari Selasa
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *