KESATUAN ORANG KRISTEN

Renungan Rabu, 27 Mei 2020

Agaknya Tuhan Yesus paham betul bagaimana kondisi para murid yang sedang bersamaNya. Sebagaimana kita ketahui, Tuhan Yesus memiliki 12 Murid. Mereka punya latarbelakang yang berbeda, sifat berbeda, keahlian berbeda, dan cara pandang yang berbeda pula. Peluang resistensi (pergesekan) antar murid terbuka lebar. Apabila kita membaca Injil Markus pasal 9-10 kita akan mengetahui, para murid pernah merasa lebih pintar dari yang lain dan merasa nomor satu, dan ini potensi terbesar munculnya perpecahan dan pudarnya kesatuan. Sebagaimana sudah dinyatakan di atas, sebagai Guru dari keduabelas muridNya, Tuhan Yesus paham betul dengan kondisi ini. Shaking pahamnya, Tuhan Yesus berdoa khusus kepada para muridNya, dalam Injil Yohanes ini lazim disebut Doa Imam Agung. Inti dari doa tersebut adalah “supaya mereka (orang percaya) menjadi satu”. Berbicara tentang kesatuan, jujur saja, ini masih harus kita perjuangkan bersama. Orang Kristen masih agak susah untuk bersatu. Masih ada kesatuan lain yang lebih diperhatikan, seperti marga atau adat. Melalui nas ini kita diingatkan bagaimana kita menjaga kesatuan sesama umat percaya. Sama-sama membangun Tubuh Kristus di dunia ini. Kita harus ingat bahwa kita bersaudara didalam Kristus. Sebagai saudara tentunya harus saling membangun, saling melindungi, saling memberi semangat, saling menolong, saling mendoakan dan saling bekerja sama. Kita harus fanatik dan bangga dengan Kristen itu sendiri, jangan sebaliknya mengaburkan identitas kekristenan kita, dan yang paling utama adalah menghidupi, menjaga dan memelihara nilai-nilai kekristenan dalam hidup sehari-hari. Dengan begitu doa syafaat Kristus tidak akan sia-sia. Bersatu Kristen Teguh, Bercerai Kristen Runtuh!

“Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.” (Yohanes 17:11)

KJ.249:1 ”Serikat Persaudaraan”
Serikat persaudaraan, berdirilah teguh! Sempurnakan persatuan di dalam Tuhanmu. Bersama-sama majulah, dikuatkan iman, Berdamai, bersejahtera, dengan pengasihan.

Doa
Ya Tuhan berikan kami hati yang terbuka dan bersatu dengan sesama umat percaya, karena dengan demikian namaMu semakin dipermuliakan. Amin

Selamat hari Rabu
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *