KESANGGUPAN HANYALAH PEKERJAAN ALLAH

Renungan Kamis, 28 Mei 2020

Nas renungan saat ini, masih terkait dengan renungan Rabu, 13 Mei 2020 yang lalu. Dimana ada tuduhan yang diarahkan kepada rasul Paulus bahwa ia tidak memenuhi syarat disebut rasul. Sebenarnya Paulus sudah menegaskan penugasan kerasulannya, dan menyatakan bahwa keberadaan jemaat di Korintus adalah bukti yang cukup bagi kelayakannya sebagai seorang pelayan Kristus. Ia mengatakan bahwa sumber kelayakan atau kesanggupannya melakukan segala pelayanan sebagai rasul adalah Allah. Allah telah mempersiapkannya sejak awal sehingga dia sanggup melakukannya. Saat ini, jika kita merasa tidak sanggup menerima kenyataan hidup karena silih berganti pergumulan, penderitaan dan persoalan, sadarilah bahwa ada bagian dalam hidup kita yang tak mampu kita lakukan, tetapi Allah memampukan dan ada hal-hal dalam hidup kita yang tak mungkin tetapi Allah memungkinkan. Oleh sebab itu justru didalam kelemahan kita kuasa Allah menjadi nyata. Kesanggupan hanyalah pekerjaan Allah.

“Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.” (2Korintus 5:5)

KJ.332:1 ”kekuatan dan Penghiburan”
Kekuatan serta penghiburan diberikan Tuhan padaku.Tiap hari aku dibimbingNya; tiap jam dihibur hatiku. Dan sesuai dengan hikmat Tuhan ‘ku dib’rikan apa yang perlu. Suka dan derita bergantian memperkuat imanku.

Doa
Ya Tuhan, banyak hal dalam hidup ini yang membuatku tidak sanggup dalam menjalaninya, kuatkan aku untuk menyadari tidak ada yang bisa menyanggupkan kecuali Engkau dan menyerahkan sesuatunya hanya dalam tangan pengasihanMu. Amin.

Selamat hari Kamis
(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *