HIKMAT ALLAH YANG TERSEMBUNYI

Renungan Sabtu, 6 Juni 2020

Dalam dunia yang berkemajuan saat ini yang diwarnai dengan digitalisasi, hikmat adalah salah satu yang kita butuhkan. Kalau tidak berhikmat, mungkin kita akan menjadi korban dampak negatif dari kemajuan ini. Apa itu hikmat? Ada dua pengertian disini: Pertama,  kemampuan untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah kehidupan sehari-hari, hikmat yang dimiliki raja Salomo masuk dalam kategori ini. Kedua, pola pikir yang sesuai dengan pola pikir Allah. Pola pikir atau Hikmat Allah ini sendiri sulit kita mengerti karena memang dia tersembunyi. Salah satu contoh hikmat Allah itu adalah pengorbanan Kristus di Kayu Salib untuk keselamatan kita. Sebagai orang percaya, sesungguhnya kita mesti berjuang untuk memiliki hikmat sebagaimana pengertian di atas. Kita tidak dapat menemukannya dengan cara kita sendiri. Namun Allah sudah memberikan firman tertulisNya yang telah menggambarkan kita tentang Dia dan sifatNya. Roh Kudus memampukan kita untuk menafsirkan FirmanNya dan hal ini  memimpin kita untuk memahami “pikiran Kristus”. Melalui renungan hari ini, kita kita semakin berjuang memahami hikmat Allah yang tersembunyi itu demi kemampuan menjalani hidup.

“Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.” (1Korint 2:7))

BE.232:2 ”Sian Sude Parulian na arga”

Naeng ho pistar? Sai dapothon Tuhanmu. Nasa na hurang sai boan tusi. Tu pamodaiNa paunduk rohamu
Asa tiur sasude bogasmi. Tangkup Tuhanmu tung tiop hataNa. Sai pangasahon ma bagabagaNa

Doa

Ya Tuhan, berikan kemampuan bagiku untuk mengerti hikmatMu agar kumampu dan tetap kuat dalam memahami makna perjalanan hidup ini. Amin.

 Selamat hari Sabtu

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *