FIRMAN TUHAN: KUASA DAN MANFAATNYA

Renungan Kamis, 25 Juni 2020

Berdasarkan Pengakuan Iman HKBP Tahun 1996 Pasal 2, kita mengakui dan menyaksikan: Alkitab yaitu PL dan PB adalah sungguh-sungguh Firman Allah. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikianlah tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik (2Tim.3:16-17). Dengan pengakuan iman ini dapat kita pahami bahwa Firman Allah sangat berkuasa. Sebagaimana pada mulanya ciptaan terjadi dengan firman Allah, segala sesuatu pun dalam ciptaan terjadi dengan firman Allah. Allah menyatakan kehendakNya dengan firmanNya dan kehendakNya itu pasti terjadi sesuai dengan firman Allah itu. Semua yang telah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi ditentukan oleh firman Allah. Pada dasarnya semua makhluk telah dikurung untuk melakukan kehendak Allah sesuai firman-Nya, sadar atau tidak sadar. Keberhasilan kita pengikut Kristus juga ditentukan oleh firman Allah. Keberhasilan orang fasik hanya sementara saja karena Allah akan membinasakan orang fasik, namun keberhasilan kita adalah oleh firman Allah yang bersifat kekal. Firman Allah yang hidup yakni Yesus Kristus telah menjadi manusia, mati dan bangkit dan dengan Roh-Nya tinggal dalam kita. Urusan kita sekarang ini adalah melakukan segala perintah Kristus itu dengan kuasa dan dengan dipimpin oleh Roh Kudus maka pastilah kehendak Allah terlaksana dalam dan melalui kita. Karena itu kita harus tekun membaca dan merenungkan Alkitab, firman Allah yang tertulis itu selama hidup kita di dunia ini.

“Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.” (Yesaya 58:11)

BE.28:  ”Hata ni Jahowa”

Hata ni Jahowa. Sipadame jolma, Hangoluan i. Halalas ni roha, Siapuli roha, Ni na marsak i. Gogo ni Debatangki, Paluahon na porsea, Sian nasa jea.

Doa

Ya Allah, bimbinglah aku untuk semakin tekun membaca dan mempelajari FirmanMu agar kuasaMu nyata dalam hidupku. Amin.

Selamat hari Kamis

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *