CELAKALAH …!

Renungan Selasa, 07 Juli 2020

Pada masa Tuhan Yesus, ada beberapa tempat yang paling sering di kunjungi Tuhan Yesus untuk mengabarkan Kabar Baik. Ketiganya adalah Kapernaum, Betsaida dan Khorazim, bahkan di Kapernaum Tuhan Yesus tinggal cukup lama untuk mengabarkan Injil dan melakukan mujizat. Di Betsaida sendiri Tuhan Yesus melakukan mujizat dengan memberi makan 5000 orang dengan 5 Roti dan 2 Ikan (baca Luk.9:10-17). Namun Tuhan Yesus mengecam ketiga kota ini karena meski mereka sudah melihat sendiri betapa menakjubkan mukjizat yang terjadi tetapi tidak menyentuh kesadaran diri untuk berpaling kepada Tuhan Yesus, dan mau mendekatkan diri kepadaNya. Seringkali orang beriman mendatangi Yesus, pada saat ia butuh disembuhkan dari penyakitnya atau minta dilancarkan bisnis dan kariernya, atau minta diberikan rejeki, dan sebagainya. biasanya, setelah dikabulkan doanya dan sudah menerima berkat Tuhan, dalam sekejab mata langsung menghilang menjauh dari Tuhan karena tenggelam dalam kesibukan duniawinya. sering orang beriman memperlakukan Tuhan seenaknya saja atau semaunya dengan tidak menghormati dan menghargai Tuhan. Tuhan itu diperlakukan seperti mesin ATM, orang datang menekan tombol menu yang diinginkan dan mengetik sejumlah angka dan tunggu sebentar, lalu duitnya keluar atau sudah ditransfer ke rekeningnya. Saat ini kita disapa dan diingatkan, ketika kita mengaku Kristen dan mengikut Kristus, haruslah ada perubahan dalam hidup kita. Kalau kita percaya kepada kristus dan tidak berubah atau bertobat, celakalah kita.

“Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.” (Matius 11:21)

BE.399:1  ”Unang Tarlalap di Hata”

Unang tarlalap di hata, tulus sigop jambarmi. Ndang dapot ho hasonangan, molo godang sabatmi
I pe tostosi luhutna, na manggugai rohami. Arta na godang, nang sangap, sabat na jorbut do i. Unang tarlalap i hata, tulus sigop jambarmi.Ndang dapot ho hasonangan, molo godang sabatmi.

Doa

Ya Allah Bapa, ajarlah aku untuk selalu percaya dan tetap berubah mengikuti apa yang menjadi perintahMu dan menjauhkan diri dari laranganMu. Amin

Selamat hari Selasa

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *