KOMITMEN SEIMAN

Renungan Senin, 20 Juli 2020

Pernikahan adalah lembaga pertama yang didirikan Tuhan, yaitu sesaat setelah Adam diciptakan. Ketika dilihat bahwa tidak baik manusia itu hidup seorang diri, maka Tuhan menciptakan Hawa bagi Adam. Tuhan memberkati dan menguduskan mereka sebagai suami istri. Setiap orang percaya harus memiliki komitmen di dalam pernikahan, yaitu komitmen satu iman. Demikian halnya dengan Yakub. Setelah Yakub mendapatkan Hak Kesulungan dari Esau dan Berkat Sulung dari Ishak, kini saatnya ia HARUS pergi dari kedua orang tuanya karena Esau mau membunuhnya. Disini Ishak menyuruh Yakub untuk pergi ke keluarga ibunya di Haran – Padan Aram. Pesan ayahnya kepada Yakub : (1) Ambil istri dari keluarga Laban (orang yang percaya Tuhan); (2) Yakub mendapatkan berkat dari Allah yang Maha Kuasa (Allah Abraham); (3) Yakub akan memberikan keturunan sekumpulan bangsa (cikal bakal umat Israel); (4) Yakub akan mendapat suatu negeri yang dijanjikan melalui Abraham dan Ishak, menjadi bagian dari hidupnya. Inilah Yakub yang awal perjalanannya tanpa apa-apa, tetapi Yakub belajar ber IMAN kepada Tuhan. Panggilan kepada kita saat ini adalah bagaimana kita menjaga keimanan dan kesetiaan kepada Allah di dalam Yesus Kristus dalam segala hal terlebih kaitannya dengan pernikahan.

“Kemudian Ishak memanggil Yakub, lalu memberkati dia serta memesankan kepadanya, katanya: “Janganlah mengambil isteri dari perempuan Kanaan.” (Kejadian 28:1)

BE.512,2 ”Di Dalani Jesus Tano dohot Laut”

Nunga monang di jabum hataNa i? Hata i dipangke ho sinjatami? I do hapistaran na sumurung i, Jumpang do mura sudena baenon ni~i. Haha anggi, ro hamu sude, Taarahon ma donganta be. Haha anggi, dao nang jonok be, Hara tu joloNa donganmu sude.

Doa

Bapa di surga, bimbing dan ajarlah aku untuk selalu menjaga komitmen untuk setia dan beriman kepadaMu dalam segala hal, terlebih yang berkaitan dengan keluarga dan pernikahan. Amin.

Selamat hari Senin

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *