MENILAI TANDA ZAMAN

Renungan Kamis, 23 Juli 2020

Untuk saat ini, kayaknya kita harus mampu membaca tanda-tanda datangnya hujan agar dapat mempersiapkan diri dalam mengantisipasinya. Kemampuan itu pula yang dirujuk oleh Tuhan Yesus ketika hendak mengingatkan orang Yahudi akan masa penghakiman yang semakin mendekat! Yesus menegur mereka munafik. Mengapa? Karena kehadiran Yesus, sebagai Mesias yang membawa penghakiman Allah  sudah jelas tanda-tandanya dapat dibaca. Mereka seharusnya tahu, tetapi entah mengapa tidak tahu, atau pura-pura tidak tahu. Salah satu bukti kepura-puraan mereka ialah dengan menuduh karya Mesianik Yesus sebagai karya dari Iblis (lih. 11:14-23). Dengan perumpamaan berikut, Yesus memberikan peringatan keras kepada orang-orang Yahudi yang menolak-Nya. Ilustrasi yang dipakai ialah perkara pajak. Mereka ibarat berhutang pajak kepada pemerintah, dan sedang diselidiki dan digugat oleh perangkat dirjen pajak. Kalau terbukti salah atau menggelapkan pajak, maka hukuman fatal menanti mereka. Harta mereka akan disita untuk membayar pajak berikut bunga dendanya. Kalau mereka cerdas,harusnya mereka segera mengupayakan negosiasi sebelum keputusan bersalah dijatuhkan. Yesus sudah datang untuk menanggung hutang dosa mereka di hadapan Allah. Yang menolak-Nya atau yang pura-pura tidak tahu akan merasakan akibatnya. Hutang dosa mereka tidak akan dihapus, justru mereka harus melunasinya. Kedatangan Kristus pertama kali sudah lalu. Kita sedang menantikan kedatangan-Nya kedua kali. Kalau yang pertama, Ia datang menanggung penghukuman manusia. Kelak, Ia menjadi hakim yang akan memastikan hukuman menimpa mereka yang menolak -Nya. Apakah Anda termasuk mereka yang mengeraskan hati, pura-pura tidak tahu?
Jangan sampai waktunya habis, dan yang ada adalah penghukuman kekal yang mengerikan!

“Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.” (Lukas 12:54)

BE.373,3  ”Na Mulak Jesus i”

Nang arta, sangap i, tu aha ringkot i? Na tinggal do sudena i di hamagoan i
Hutundalhon ma na di pudingki Jesus ma haposanki di haroroNa i.

Doa

Ya Allah Bapa, berikan kemampuan bagi untuk melihat tanda-tanda zaman dan dengan kemampuan tersebut aku dapat memperbaharui hidup dalam menyongsong datangnya penghakimanMu. Amin

Selamat hari Kamis

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *