KIAT MENGHADAPI KRISIS

Renungan Rabu, 05 Agustus 2020

Ketika krisis menerpa kita, ada dua dampaknya yakni: datang kepada Allah atau meninggalkan Allah. Saya tidak tahu, kita di posisi mana anda, namun satu hal yang pasti, terkadang TUHAN menggiring kita kepada situasi di mana tidak ada sesuatu atau seorang pun yang dapat kita andalkan lagi, termasuk diri kita dan kekayaan kita. Bila hal itu terjadi, seharusnya kita menyadari satu-satunya yang bisa kita andalkan adalah  TUHAN saja. Sanherib mengirim utusan untuk melemahkan Hizkia (raja Yehuda) dan bangsanya, agar Hizkia menyerah. Melihat situasi yang sulit ini, Hizkia datang ke rumah TUHAN dengan penuh perkabungan dan berdoa memohon pertolongan-Nya. Hal ini baik. Untung saja Hizkia mau mendengarkan saran nabi Yesaya. Bergumul bersama dengan orang yang dekat dengan TUHAN, menolong kita untuk tidak tertekan dalam persoalan apapun. Hizkia menyerahkan semua masalahnya di hadapan TUHAN. Hizkia berdoa dan mengakui kedaulatan dan kekuasaan TUHAN. Doa Hizkia didengar dan TUHAN memberi penghiburan-Nya. Kalau TUHAN menolong kita, itu hanya karena otoritas-Nya, bukan karena kebaikan kita. Tiada persoalan yang sulit bagi TUHAN. Ketika kita sudah tidak mampu mengandalkan apapun, itulah kesempatan TUHAN mengerahkan segala kekuatan dan kasih-Nya. Kita hanya perlu datang setiap saat kepada-Nya, mengandalkan Dia, dan tidak menyombongkan apapun yang kita miliki. Bersyukur atas semua pertolongan-Nya. Amin.

“berkatalah Yesaya kepada mereka: “Beginilah kamu katakan kepada tuanmu: Beginilah firman TUHAN: Janganlah engkau takut terhadap perkataan yang kaudengar yang telah diucapkan oleh budak-budak raja Asyur untuk menghujat Aku.” (2Rajaraja 19,6)

BE.677,2  “Mansai Lambok”

Unang ho ganggu dapothon Tuhanmu. Na manjou ho dohot au. Jangkon asi ni roha ni Tuhanmu. Sihophop ho dohot au. Antong sai ro ma ho. Angka na sorat sai ro ma ho. Mansai lambok Tuhan Jesus manjou
Pardosa mulak ma ho

Doa

Ya Allah, ajarlah aku untuk selalu mengandalkanMu ketika menghadapi masalah dan krisis di dalam hidupku Amin.

Selamat hari Rabu

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *