DIPULIHKAN? MAU???

Renungan Sabtu, 08 Agustus 2020

Israel dikenal sebagai bangsa yang tegar tengkuk, sering berontak kepada Tuhan, walau sudah menikmati kebaikan dan pemeliharaan Tuhan. Ketika kesesakan dan penderitaan datang, baru ingat Tuhan! Memohon belas kasihan dan pemulihan keadaan hidupnya. Kita pun bisa saja sama seperti Israel. Jikalau demikian bagaimana cara mengalami pemulihan dari Tuhan? Dalam Mazmur 85, yang perlu kita lakukan adalah: 1. Merendahkan diri. Ini adalah syarat mutlak ! Tuhan sangat menentang orang yang congkak atau tinggi hati. Saat kita merasa mampu, tidak butuh bantuan orang lain, merasa lebih baik, saat itulah awal kehancuran kita. Ingat! Di luar Tuhan kita tidak dapat melakukan apa-apa. 2. Berdoa. Ini adalah wujud ketergantungan kita kepada Tuhan. Seperti ranting yang selalu melekat pada pokoknya, kita harus selalu melekat dengan Tuhan melalui doa-doa kita. Hanya orang-orang yang senantiasa karib dengan Tuhan yang akan beroleh kekuatan dan terus bertumbuh, daunnya tidak pernah layu, tetapi selalu menghasilkan buah pada musimnya. 3. Mencari wajahNya dan berbalik dari jalan yang jahat. Bila kita ingin mengalami terobosan baru dalam hidup ini, kita harus tahu apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Dengan melakukan kehendak Tuhan berarti kita tidak lagi berkompromi dengan dosa alias bertobat dengan sungguh. Perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri, tanpa perubahan kita tidak mungkin mengalami sesuatu yang baru.

“Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.” (Mazmur 85,10)

Nyanyian Rohani “Yesusku Jurus’lamatku”

Yesusku Juruslamatku, Tuhanmu khalisku. Tumpuan pengharapanku, Dan perisai perlindunganku. Takala hidupku sendu, Dan hati gunda pilu, Nama Yesus kuseru, Dan jiwaku tenang dan teduh. (Reff.) Setiap langkah kutempuh, Ku toleh Tuhanku. Setiap hasrat kugelut, Ku tanya Tuhanku. Kedalam kasih penebus Kuberserah selalu, Tiada lagi takutku, Walau hidup penuh seteru.

Doa

Ya Bapa, Engkaulah sumber keselamatanku, bimbinglah aku di dalam RohMu agar tetap takut akan Engkau melalui perbuatan dan tindakanku. Pulihkanlah hidupku ketika aku berdosa. Amin

Selamat hari Sabtu

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *