DARI NEGATIF KE POSITIF

Renungan Selasa, 11 Agustus 2020

Ketika kita membaca Kitab Yunus kita akan ketemu dengan sebuah ajaran bahwa Allah dapat menggunakan contoh negatif untuk mengajarkan hal positif. Contoh negatif adalah Nabi Yunus, yang dipanggil Allah untuk berkhotbah kepada penduduk Niniwe. Kota besar ini adalah ibukota kekaisaran Asyur. Orang Yahudi membenci orang Asyur karena mereka adalah musuh yang menyembah berhala. Karena itu Yunus berusaha untuk kabur dari Panggilan Allah yang kemudian ditelan ikan besar dan berada disana selama 3 hari 3 malam. Setelah dimuntahkan ikan besar tersebut, akhirnya Yunus pergi ke Niniwe dan berkhotbah disana, dan akhirnya penduduk bertobat. Pelajaran positif yang diajarkan dari nabi Negatif ini adalah bahwa Allah mengasihi setiap orang, tidak hanya orang Yahudi. Karena keberadaan Allah yang seperti itulah juga Yunus mengucap syukur karena sudah diselamatkan dari perut ikan tersebut dan akan membayar apa yang sudah dinazarkannya, karena dia tahu keselamatan adalah dari Tuhan. Mari lakukan hal yang positif dalam hidup kita dengan selalu mengucap syukur.

“Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!” (Yunus 2,9)

 BE.110,4 “Haleluya Pinuji ma”

Haleluya di Ama i di Anak dohot Tondi i pujipujiannami. Di Ho ma hasangapon i rodi hamuliaon i, dilehon rohanami

Doa

Ya Allah Bapa, ku mengucap syukur selalu atas keselamatan dan penyertaan yang Engkau hadirkan di dalam hidup. Engkau layak di sembah dan di puji sampai selamanya, di dalam Yesus Kristus. Amin

Selamat hari Selasa

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *