TANPA TEMBOK PEMBATAS

Renungan Selasa, 18 Agustus 2020

Petrus dan Kornelius awalnya adalah 2 orang yang tidak saling mengenal. Bahkan kecil kemungkinan mereka dapat saling mengenal, karena latar belakang mereka berbeda jauh. Petrus adalah seorang Yahudi sedangkan Kornelius tentara Romawi. Secara politik kedua orang ini saling bermusuhan. Satunya mewakili penjajah, sedangkan yang lain mewakili pihak yang terjajah. Kalaupun mereka bisa berjumpa, itu karena pekerjaan Roh Kudus. Alkitab mencatat Kornelius dan seisi rumahnya adalah orang yang saleh dan takut akan Allah. Awalnya Kornelius bermimpi mengundang Petrus kerumahnya. Sedangkan Petrus mendapatkan penglihatan yang unik, dimana ia disuruh oleh Tuhan untuk memakan sejumlah hewan. Termasuk hewan yang haram menurut orang Yahudi. Meski ia sudah menyatakan itu haram baginya, namun Tuhan tetap memerintahkan memakannya. “Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram”, demikian firman Tuhan kepada Petrus. Melalui penglihatan ini Petrus disadarkan oleh Tuhan bahwa Injil yang dipercayainya berlaku bagi segala bangsa. Hal indah di catat di Kisah Para Rasul 11, yaitu saat Petrus usai menjelaskan pemahaman yang baru bahwa anugerah keselamatan itu berlaku juga bagi orang-orang bukan Yahudi. Mereka yang mendengar penjelasan ini memuliakan Allah. Inilah yang seharusnya terjadi ketika Injil diberitakan, nama Tuhan semakin dimuliakan.

“Akan tetapi untuk kedua kalinya suara dari sorga berkata kepadaku: Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram!” (Kisah Para Rasul 11,9)

BE.212,1  “Haholongon na Badia”

Haholongon na badia. Sian Tuhan Jesus i. Sai songgopi sai bongoti. Roha dohot tondingki

Doa

Terpuji dan dimuliakan namaMu ya Allah Bapa didalam Yesus Kristus yang telah menganugerahkan kami kemerdekaan dan keselamatan tanpa ada pembatas lahiriah. Ajar kami juga untuk tetap memuliakan namaMu atas segala berkatMu. Amin.

Selamat hari Selasa

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *