SUNGAI AIR KEHIDUPAN

Renungan Jumat, 21 Agustus 2020

Dalam Wahyu 22:1-2 disebutkan tentang “sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.” Rasul Yohanes, dalam penglihatannya mengenai Yerusalem Baru, menggambarkan bahwa sungai tersebut mengalir “di tengah-tengah jalan kota itu.” Di Alkitab, air merupakan representasi simbolis yang umum untuk kehidupan kekal. Yesaya menyebutkan tentang menimba air dari “mata air keselamatan” dengan kegirangan (Yes.12:3). Nabi dalam Perjanjian Lama, Yeremia, menegur Israel karena meninggalkan Allah, “sumber air yang hidup,” dan menggali untuk diri mereka sendiri sumur yang tidak dapat menahan air (Yer.2:13). Israel telah meninggalkan Allah yang hidup, satu-satunya yang dapat memberikan kehidupan kekal. Mereka malahan mengejar ilah-ilah palsu, keduniawian, dan agama-agama yang mengajarkan bahwa keselamatan bisa diperoleh dengan perbuatan baik. Orang-orang melakukan hal yang sama pada saat ini, menolak air kehidupan yang hanya bisa disediakan oleh Kristus. Kita lebih suka mengejar kehidupan yang kering dan berdebu, yang mengutamakan materialisme dan pemuasan hawa nafsu. Sama seperti air, dalam arti yang sebenarnya, diperlukan di kehidupan jasmani di bumi, air hidup dari Juru Selamat juga diperlukan untuk menopang kehidupan kekal bersama-Nya. Yesus adalah Roti Hidup (Yoh 6:35) dan sumber air hidup, yang dapat menopang orang pilihan-Nya untuk selama-lamanya. Amin.

“Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.” (Wahyu 22,1)

BE.480,1  “Songon Batang Aek”

Songon sada batang aek do dameMi. Na tongtong mabaor do tu rohangki. Lam bagas, lam gogo ariari i
Nang borngin ndang olo marna montok i. Dame ni Tuhanku hasonanganki. Nasa holsoholso do diauphon i

Doa

Ajar aku ya Tuhan untuk meraih sungai air kehidupan yang Engkau sediakan agar hidupku beroleh keselamatan dan damai sejahtera Amin.

Selamat hari Jumat

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *