TUHAN AKAN MENYELESAIKAN BAGIKU!

Renungan Sabtu, 22 Agustus 2020

Nas saat ini adalah bagian nyanyian syukur dan kesaksian akan Kasih Setia Allah yang dirasakan oleh Daud. Dia bisa berkata,  “Tuhan akan menyelesaikan bagiku!”  karena ia tahu bahwa Tuhan adalah pemegang kendali hidupnya dan Dia pasti akan mengarahkannya untuk suatu tujuan akhir yang sempurna.  Tuhan berkata,  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”  (Yer.29:11). Tuhan itu Mahakuasa sehingga Ia dapat mengatur setiap peristiwa demi peristiwa dalam kehidupan kita sesuai dengan rencanaNya.  Seringkali kita sulit untuk menerima cara kerja Tuhan yang sepertinya tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, terlebih lagi bila peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita begitu menyakitkan. Tetapi sebenarnya di atas segala peristiwa yang terjadi dalam hidup kita Tuhanlah yang memegang kendali dan melakukan apa yang Ia kehendaki.  Ketika beban kita begitu berat sampai akhirnya membuat kita tidak lagi bisa bersyukur, maka ingatlah Mazmur 138:8 ini, bahwa Tuhan akan menyelesaikannya bagiku. Coba hitung ada berapa banyak persoalan hidup yang telah Tuhan selesaikan bagimu, saat sakit Tuhan sembuhkan, saat hatimu terluka dan tidak berdaya Tuhan pulihkan, saat kelaparan Tuhan puaskan. Dan tetaplah beriman, percaya janji Tuhan selalu ditepati, Tuhan akan menyelesaikan segalanya bagimu. Karena iman akan pengharapanlah, seseorang tatkala susahpun bisa bersyukur. Firman Tuhan yang ada dalam Alkitab telah menuliskan banyak hal dan mengajari kita untuk tetap setia dan berpengharapan pada Tuhan. Sekali lagi, serahkanlah segala kekuatiranmu Tuhan dan Tuhan akan menyelesaikannya.

“TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu!” (Mazmur 138.8)

BE.755,1  “Haposan Ho Tuhan”

Haposan Ho Tuhan, hot do holongMu. Di las ni roha tingki arsak pe. Asi ni rohaMi nang pambaenanMu
Ho Sipalua pangondingan pe. Haposan Ho Tuhan, Haposan Ho Tuhan, Ndang na mansohot asi ni rohaM
Nasa na ringkot di au diparade, Tung ala ni asiM do i sude

Doa

Terima Kasih Tuhan atas pengendalianMu atas hidupku, biarlah apapun yang terjadi dan sedang kuhadapi dalam hidupku saat ini, Engkaulah yang menyelesaikannya bagiku. Amin

Selamat hari Sabtu

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *