MENYAKSIKAN KRISTUS

Renungan Selasa, 24 Agustus 2020

Kristus harus menjadi pusat pemberitaan gereja karena Dialah satu-satu-Nya utusan Allah untuk menyelamatkan manusia. Kesadaran akan sentralitas Kristus, akan menjaga pemberitaan gereja dari berbagai godaan untuk memegahkan diri. Yohanes Pembaptis sangat menyadari hal ini. Itu sebabnya, ketika para murid Yohanes protes karena orang banyak lebih memilih mengikut Tuhan Yesus daripada mengikutinya, Yohanes justru mensyukuri hal ini. Baginya, Tuhan Yesuslah yang diutus Allah Bapa untuk menyelamatkan manusia, sedangkan dirinya hanyalah pendahulu yang mempersiapkan jalan bagi kedatangan-Nya. Maka ketika Tuhan Yesus semakin populer, Yohanes semakin bersukacita. Yesus harus makin besar, Yohanes harus surut ke belakang. Yohanes, penulis Injil ini menegaskan sikap Yohanes Pembaptis ini dengan menyatakan bahwa Tuhan Yesuslah satu-satu-Nya yang diutus Allah dan diurapi Roh Allah secara tak terbatas untuk menyaksikan Allah kepada dunia ini agar mereka percaya dan diselamatkan. Allah Bapa telah menyerahkan segala sesuatu kepada Kristus sehingga hanya melalui Dia semua orang yang percaya kepada-Nya mendapatkan keselamatan. Melalui Kristus seseorang mengenal Allah dan memperoleh keselamatan. Namun, seringkali kesempatan mengenal Kristus justru dirusak oleh sifat manusia yang memegahkan diri. Teladani Yohanes Pembaptis, yang sadar peran dan fungsinya sebagai agen Allah untuk memperkenalkan Kristus kepada dunia, demikianlah kita saat ini mempersaksikan Kristus dalam hidup kita melalui pola hidup kita.

“Jawab Yohanes: “Tidak ada seorang pun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga.” (Yohanes 3,27)

BE.149,1 “Ho Tongtong Ihuthonongku”

Ho tongtong ihuthononku Jesus Sipangolu au. Tung na so tadingkononku Ho na paluahon au. Sian sasude dosangku Dohot sian uhum i. Na tongtong habiaranku Ala pardosaonki

Doa

Ajar aku ya Tuhan untuk mempersaksikanMu dalam hidupku. Amin

Selamat hari Selasa

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *