MENGIKUT YESUS

Renungan Selasa, 01 September 2020

Diceritakan dalam Injil Lukas pasal 5, Simon dan kawan-kawannya sedang membersihkan jala ketika Yesus datang, lalu menaiki salah satu perahu untuk mengajar orang banyak. Usai mengajar, Yesus meminta Petrus pergi ke bagian danau yang dalam untuk menangkap ikan. Jawaban Petrus menggambarkan kelelahan dan keputusasaan. Ia dan kawan-kawannya telah bekerja keras sepanjang malam, tetapi hasilnya nihil. Lalu bagaimana mungkin menjala ikan di siang hari, jika malam sebagai waktu terbaik tidak memberikan hasil apapun? Lagi pula, bagaimana mungkin seorang tukang kayu dan guru paham soal jala-menjala melebihi nelayan? Namun Petrus mengalah. Yesus adalah Guru dan perkataan-Nya harus dipatuhi, walaupun akan terbukti salah nanti. Namun Petruslah yang kemudian terbukti salah. Ia dan teman-temannya berhasil menjala ikan dalam jumlah yang luar biasa banyak! Jala mereka penuh dan hampir robek, hingga datang satu perahu lagi untuk menolong. Kedua perahu itu hampir tenggelam karena sarat ikan. Ini merupakan lompatan besar bagi Petrus dalam pemahamannya akan  Kebesaran Yesus. Ia mengakui kesalahannya karena telah enggan mematuhi perintah Sang Guru. Ia mengira dirinyalah yang ahli menjala ikan, tetapi saat itu ia melihat Yesus sebagai Tuhan yang berkuasa atas danau dan isinya. Peristiwa ini menjadi titik balik dalam kehidupan para murid. Inilah yang membuat mereka mengikut Yesus tanpa ragu saat Dia. Ketika kita tahu siapa yang memanggil kita, niscaya kita akan mengikuti Dia sepenuh hati. Bila kita masih belum berserah sepenuh hati, kita perlu bertanya, sudah seberapa jauh kita mengenal Dia?

“Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, mereka pun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus..” (Lukas 5,11)

KJ.375,1 “Saya Mau Ikut Yesus”

Saya mau ikut Yesus, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya. Meskipun saya susah, menderita dalam dunia, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya.

Doa

Ya Allah, jadikan aku pengikutMu yang setia dan menjalankan perintahMu. Amin

Selamat hari Selasa

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *