TIDAK LAYAK

Renungan Rabu, 02 September 2020

Ketika bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, tidak secara langsung masuk ke tanah yang dijanjikan Allah (Kanaan), mereka harus melalui proses cukup panjang dan penuh tantangan. Di depan mereka terbentang luas laut Merah yang secara manusia sangat mustahil dilalui, di kanan kiri padang gurun membentang, tepat di belakang mereka tentara Mesir mengejar dengan kekuatan penuh yaitu kereta dan tentara yang kuat. Bangsa Isreal benar-benar mengalami ketakutan, yang terbayang di benak mereka hanyalah kematian dan sebuah penderitaan yang lebih besar, itulah sebabnya mereka terus bersungut-sungut dan marah kepada Musa. Bangsa Isreal menoleh ke belakang untuk mengungkit masa lalu. Sebagai orang yang telah diselamatkan Kristus, ‘masa lalu’ ita telah dikubur bersama dengan kematian Kristus dan hidup kita sekarang adalah ‘hidup baru’ di dalam Dia. Maka segala sesuatu yang di belakang kita harus benar-benar ditinggalkan karena siapa saja yang masih “…menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.”. Kita yang telah mengambil keputusan mengikut Yesus namun masih hidup dalam ‘manusia lama’ tidak layak di hadapan Tuhan. Yang dikehendaki Tuhan adalah kita benar-benar memiliki pertobatan sejati. Kini yang harus menjadi perhatian kita adalah bagaimana agar kehidupan kita yang baru ini senantiasa menyenangkan hati Tuhan dengan cara hidup di alam ketaatan penuh. Iblis seringkali menggunakan pikiran kita agar kita selalu mengingat-ingat dosa ktia di masa lalu supaya kita menjadi lemah dan kembali jatuh di dalamnya. Karena itu, saat ini tinggalkan semua dosa, fokuslah kepada kehendak Tuhan, suapaya kita layak masuk ke dalam KerajaanNya!

“Tetapi Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.” (Lukas 9,62)

KJ.376,1 “Ikut Dikau Saja Tuhan”

Ikut dikau saja, Tuhan, jalan damai bagiku; Aku s’lamat dan sentosa hanya oleh darahMu. Reff: Aku ingin ikut Dikau dan mengabdi padaMu: Dalam Dikau, Jurus’lamat, ‘ku bahagia penuh! 

Doa

Ya Tuhan jadikan aku menjadi pribadi yang layak dihadapanMu dengan meninggalkan masa lalu dan menyongsong masa depan yang ceria di dalam Yesus Kristus. Amin.

Selamat hari Rabu

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang,STh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *