VITAMIN PENYEGAR JIWA: Bersih …

Yohanes 15:3 merekam perkataan Tuhan Yesus ini, “kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu”. Ayat ini mengingatkan saya pada perkataan Tuhan Yesus yang lain, yang mirip dengan itu, yaitu “Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya …” (Yoh.13:10). Apa yang dapat kita timba dari ayat-ayat ini?

Pertama, kita orang-orang percaya adalah orang-orang yang dimandikan, sebab itu sudah bersih. Tidak peduli bagaimanapun caranya Anda dimandikan (baca:dibaptis) – dipercik atau diselam; dengan air atau (karena terpaksa) dengan pasir – Anda sudah bersih! Tidak perlu “mandi” lagi! Ini sebabnya banyak gereja dengan tegas menolak baptisan ulang

Akan tetapi, Kedua, walaupun sudah bersih, kita toh masih perlu terus menerus membersihkan diri! Tidak perlu “mandi” berulang-ulang kali, tetapi perlu “cuci kaki” setiap kali. Kata Yesus, “Ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya”. Mengapa? Sebab – seperti kata Martin Luther – orang-orang seperti anda dan saya adalah Simul iustus et peccator. Artinya, “dibenarkan,’ namun sekaligus pendosa,” sudah bersih, tetapi toh pembenaran (yang ditandai oleh Baptisan) memang cukup sekali. Namun pengudusan (yang ditandai oleh pertobatan) harus terus menerus terjadi. Mengapa? Karena walau sudah dibenarkan, tetap saja kita berdosa dan berdosa lagi.

Di dalam ketegangan itulah kita hidup. Pada satu pihak, ada kesadaran bahwa kita adalah putra-putri tebusan Allah. Tidak boleh “memble”, minder, atau rendah diri. Namun di pihak lain, kita mesti sadar betapa rentannya kita terhadap dosa, kerapkali terjatuh dan terjatuh kembali. Ini membuat kita harus senantiasa waspada, mawas diri, dan rendah hati. Jadi, apa yang mesti kita lakukan? Teruslah bercermin ke Firman! Sebab Firman itulah yang membuat kita bersih (Yoh.15,3).

Sumber:

Eka Darmaputera, 365 Anak Tangga Menuju Hidup Berkemenangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *