DIPULIHKAN KEMBALI

Renungan Selasa, 06 Oktober 2020

Hari ini, Tuhan melalui nabi Amos menyampaikan janji pemulihan yang akan dilakukan jika bangsa Israel dan bertobat. Tuhan menjanjikan walaupun pondok Daud (gambaran bangsa Israel) telah roboh, pondok yang telah runtuh itu akan diperbaiki seperti dahulu kala, berdiri megah. Selain itu, Tuhan juga berjanji akan memulihkan kondisi perekonomian mereka, hasil tanaman yang melimpah, proses menabur dan menuai saling susul-menyusul. lahan-lahan baru akan dibuka di tempat-tempat yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya seperti di gunung-gunung, dan lahan-lahan tersebut pun akan menghasilkan dalam jumlah yang besar. Akibat dari pemulihan ekonomi ini, kota-kota akan berkembang dengan pesat, kota-kota yang dahulu ditinggalkan kini akan didiami dan ditempati. Para penduduknya akan hidup dengan menikmati hasil bumi yang luar biasa. Saat ini, mungkin ada di antara kita yang belum bertobat dari dosa-dosa kita, akibatnya kita tidak dapat merasakan pemulihan dari Tuhan. Tuhan berkata bahwa jika umatNya mau merendahkan diri, berdoa, mencari wajah Tuhan, dan berbalik dari segala dosa-dosa dan kejahatannya, maka Dia akan mendengar dari surga, mengampuni dosa mereka, serta memulihkan mereka (2Taw.7:14). Bagian kita adalah merendahkan diri mengaku dosa-dosa kita, mencari Tuhan dan berbalik dari segala dosa-dosa kita. Selanjutnya, bagian Tuhan akan memulihkan kehidupan kita. Pemulihan dari Tuhan berarti kehidupan yang jauh lebih baik daripada kehidupan sebelum kita bertobat. Selagi masih ada kesempatan, mari kita bertobat agar hidup kita dipulihkan.

“Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.” (Amos 9,14)

BE.2,2  “Naeng Pujionku Ho Jahowa”

Togihon ma au tu AnakMu, Asa tu Ho ditogu au muse/ TondiM pasaorhon tu tondingku, Manogu au di dalan na ture/ Asa tongtong gok dame rohangki, Huhut girgir mamuji goarMi.

Doa

Ya Allah Bapa, bimbinglah aku melalui Roh KudusMu menuju pertobatan hidup sehingga hidupku dipulihkan. Amin.

Selamat hari Selasa

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *