TUBUHMU ADALAH BAIT ALLAH

Renungan Harian
Jumat, 23 Oktober 2020

Bunyi dari nas ini memiliki kesamaan dengan yang disampaikan oleh Paulus kepada Jemaat di Korintus yaitu 1 Korintus 6:19-20 yang menyatakan: bahwa tubuhmu adalah Bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu. Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri, sebab kamu telah di beli dan harganya telah lunas di bayar, karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu. Juga dalam 1 Korintus 3:16 disebutkan bahwa tubuhmu adalah bait Allah dan Roh Allah diam didalam kamu. dengan membaca nas ini, semakin jelas bagi kita, bahwa sejatinya dalam jiwa dan raga orang percaya itu adalah kehendak Tuhan. Dari perikop ini kita dapat melihat dan mengartikan yang sungguh luar biasa tentang membangun rumah. Dalam ayat 4, ahli bangunan itu adalah Allah. Maka nas ini mengajak kita untuk melihat hal yang lebih luas dari sebuah rumah, yaitu tubuh kita. Tubuh kita adalah bangunan Allah. Sebagaimana dalam penciptaan manusia segambar dan serupa dengan Dia (Imago dei) tubuh dan jiwa kita telah dirusak oleh dosa, namun oleh karna kasih Allah yang agung dan menganugrahkan AnakNya yang tunggal untuk menebus dosa kita. Dengan kata lain Tuhan telah mengambil kita dan memulihkan hidup kita. Hidup kita telah diperbaharu i. Maka firman ini mengingatkan kita bahwa Kristuslah yang mengepalai dan menjadi Raja didalam diri kita. Oleh karena itu dengar dan lakukanlan Firman Allah.

“Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumahNya; dan rumahNya ialah kita, jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan yang kita megahkan” (Ibrani 3,6)

BE. 104: 1 “Bongoti ma Rohangku”
Bongoti ma rohangku ingani ma au on. O Tondi Debatangku pasonang rohangkon. Na marhabangsa Ho raphon Debata Ama nang Jesus pe AnakNa naeng pujionku Ho

DOA
Jadikan aku BaitMu ya Tuhan yg hidup selalu menuruti kehendakmu. Amin

Selamat Hari Jumat
Bvr.Lambok Parapat
Tuhan Memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *