TUNTUNAN TUHAN

Renungan harian, Senin,26 oktober 2020

Di setiap perjalanan hidup kita, pasti kita pernah mengingat kembali masa lalu yang sudah kita lalui,dan setelah kita mengingatnya pasti kita punya rencana atau mulai menuliskan atau setidaknya memikirkan apa yang ingin kita capai dan lakukan di hari berikutnya. Beberapa dari kita bahkan mempunyai daftar yang cukup panjang, baik dalam aspek keluarga, dalam hal pekerjaan, maupun dari segi pelayanan. Namun, seberapa sering ketika kita menuliskan sederet daftar resolusi, hati kecil kita merasakan kekuatiran akan masa depan? Kita bertanya-tanya apakah daftar yang kita tulis sudah sesuai dengan kehendak Tuhan? Bagaimana kita dapat mencapainya? Akankah Tuhan menuntun kita? Apabila kita merasa seperti itu, ketahui dan percayalah bahwa Tuhan mau menuntun Sama seperti ketika bangsa Israel berjalan di padang gurun, Tuhan sendiri yang menuntun setiap langkah mereka dengan tiang awan yang juga melindungi mereka dari panas terik matahari di kala siang, dan tiang api ketika malam hari untuk menerangi jalan mereka serta menjaga bangsa Israel itu agar tetap hangat. Ya, di luar apa yang dapat kita pikirkan, Tuhan sendirilah yang turun tangan menuntun kita dengan cara-Nya yang sungguh sangat ajaib. Janganlah kita membatasi kuasa keajaiban Allah, sebab rancangan-Nya melampaui akal dan pikiran kita (Yes. 55:8-9). Kita tidak akan pernah bisa menyelami jalan pikiran Tuhan. Hanya karena kita tidak bisa merasakan pimpinan Tuhan, bukan berarti Tuhan tidak menuntun kita. Karena, sering kali bukan Tuhan yang tidak berbicara, tetapi kitalah yang tidak bisa mendengar suara-Nya, sebab hati kita tertutupi oleh kekuatiran duniawi. Mari perbaharuilah iman kita. Percayalah bahwa tuntunan Tuhan itu selalu ada bagi kita. Yang menjadi bagian kita adalah membuka pintu hati dan telinga roh kita lebar-lebar. Janganlah keraskan hati. Apabila hati kita lembut dan terbuka untuk-Nya, kita pun akan dapat menangkap dan merasakan ajaibnya tuntunan Tuhan yang tidak pernah mengecewakan.
percayalah bahwa TUHAN PUNYA CARA YANG AJAIB untuk MENUNTUN kita

Yesaya 58:11
“TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.”

BE.No.501:1
Sai ditogutogu Jesus tondingki na gale i Asa unang be au ganggu,di panoguonNai. Maradian do rohangku,molo hu haposi i nang sitaonon dipasonggop sai jonok do Tuhanki,nang sitaonon dipasonggop sai jonok do Tuhanki

DOA
Tuhan, terima kasih untuk tuntunan-Mu yang ajaib dalam hidup kami. Ampuni kami kalau selama ini kami sering kali membatasi kuasa tuntunan-Mu dengan keterbatasan kami. Kami tahu bahwa pertolongan-Mu tidak pernah terlambat dan tidak pernah mengecewakan. Kami mau belajar membuka hati dan telinga kami agar kami lebih lagi dapat mendengar suara dan kehendak-Mu dalam hidup kami. Amin.

Selamat hari senin
Bvr.Relita simangunsong
Tuhan menberkati kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *