JANGAN SERUPA DENGAN DUNIA INI!

Renungan Senin, 02 November 2020

Ketika seseorang hidup dalam kedagingan, yang bersangkutan bisa dianalogikan dengan hidup dalam dosa. Orang tanpa Kristus maka ia hidup dan menikmati dosa. Rasul Paulus mengingatkan agar bertobat, hidup dalam Kristus, dan jangan serupa dengan dunia ini. Paulus melihat kehidupan kekristenan di Roma masih bersifat duniawi alias Kristen tanpa pertobatan. Era Baru Digital saat ini, dikenal sebagai era yang hedonis dan materialistis. Kita telah diingatkan bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual, menyombongkan diri, memfitnah, memberontak terhadap orang tua dan sebagainya (2Tim.3:1-4). Intinya hidup menurut dunia. Renungan hari ini mengingatkan kita agar jangan serupa dengan dunia, tetapi berubah oleh pembaharuan budi, meraih karakter Kristus. Caranya adalah belajar, merenungkan, dan mempraktekkan Firman Tuhan tiap hari. Jangan lupa, kita bukan dari dunia, sebaliknya kita dari Tuhan, kita bukan bekerja untuk dunia, tetapi hidup dan bekerja untuk Tuhan. Kita hanya numpang sementara di dunia sebab rumah kita adalah hidup kekal di surga. Karena itu jangan kompromi dengan dosa! termasuk dosa korupsi, kerakusan, kemalasan, hidup nyaman, pertengkaran, kebencian, dan penyembahan materi. Sebaliknya hiduplah berpusat pada Kristus, hidup damai, bekerja rajin dan jujur, kreatif, dan bertanggungjawab. Bersedia diperbaharui setiap hari. Amin.

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12,2)

BE.437,1 “Tung Na Muba Rohangku”
Tung na muba rohangku dibaen Tuhanki, Dung Jesus maringan di au. Nunga sonang au on, tung dame rohangki, dung Jesus maringan di au.Dung Jesus maringan di au, dung Jesus maringan di au. Tung na sonang do au, dung tu Jesus au lao, dung Jesus maringan di au.

Doa
Ya Allah Bapa, ajar aku melalui RohMu agar tidak serupa dengan dunia ini dan hidup berubah. Amin

Selamat pagi,
Tuhan Yesus Mempermudah urusan kita hari ini
Dan diberikan BerkatNya.

(Pdt.Anggiat Saut Simanullang)

Tulisan ini Tidak Untuk Dibalas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *