BERTOBATLAH

RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN

Selasa, 03 November 2020
Bacaan Pagi : Mazmur 128,1-6
Bacaan Malam : Kisah Para Rasul 13,1-12

Nas Hari Ini:
“Bertobatlah, hai orang Israel, kepada Dia yang sudah kamu tinggalkan jauh-jauh!” (Yesaya 31,6).

BERTOBATLAH …
Ayat ini berkaitan dengan teguran Tuhan kepada bangsa Israel yang sedang berusaha untuk lepas dari kekuasaan Asyur tapi bukannya bergantung pada Tuhan, mereka malah mencari bantuan kepada bangsa Mesir. Memang secara logis, kelihatannya kalau mereka memilih Mesir yang besar itu sebagai tempat meminta tolong, karena hanya kekuatan mesir yang bisa sebanding dengan Asyur. Tapi apakah itu tepat dimata Tuhan? Ternyata tidak, sehebat apapun bangsa Mesir dan bala tentaranya itu, mereka tetaplah manusia. Mereka bukanlah pihak yang menentukan menang atau kalah dalam perang, tapi tangan Tuhanlah yg sanggup melakukan itu. Mari kita lihat, dalam pertempuran mereka, bukannya Asyur kalah karena kehebatan Israel, bahkan dengan Mesirpun mereka tetaplah pihak yang kalah, malah saat kekalahan mereka itulah Malaikat Tuhan datang dan mematikan raja Asyur dan semua tentaranya, tanpa disentuh oleh pedang sekalipun. Apa yang kelihatan bisa memusnahkan dimata manusia belum tentu memusnahkan ditangan Tuhan, sebaliknya apa yang kelihatan tidak ada apa-apanya bisa sangat berkuasa ditangan Tuhan. Dengan kenyataan tersebutlah Yesaya mengatakan Bertobatlah! Pertanyaannya saat ini adalah, apa yang harus kita kerjakan tanda pertobatan kita? Pertama, Datang setiap hari mencari Tuhan dengan segenap hati lewat doa dan baca Firmannya. Kedua, selalu mengandalkan Tuhan sebagai tempat aman kita ketika menghadapi apa yang terjadi dalam hidup kita. Jangan andalkan orang lain, apalagi diri sendiri. Ketiga, Selalu percaya kalau Tuhan sanggup melakukan yang luar biasa dari hal-hal biasa yang terjadi dalam hidup kita.

BE.173,3 “Sai Mulak, Sai Mulak”
Sai mulak, sai mulak/ Sian tano na dao, Sidangolon sambing, Do turpukmu disi/ O parjalang ho, Mulak, mulak ma ho, Mulak, mulak ma ho.

Doa:
Ya Allah Bapa, berikan aku hati yang selalu terkagum melihat Engkau yang begitu luar biasa dalam hidupku sampai saat ini, sehingga aku bisa meninggalkan pola hidupku yang tidak berkenan kepadaMu. Amin

Selamat beraktivitas hari ini
Tuhan Yesus memberkati
Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *