RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SABTU 07 NOVEMBER 2020

Bacaan Pagi     : Amos 4:6-13

Bacaan Malam  : Matius 24:1-14

 Nas Hari Ini:

”dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,” (2Timotius 2,25).

MENUNTUN YANG SUKA MELAWAN

Dalam mengabarkan Injil, Timotius menghadapi persoalan yang tidak mudah dalam pelayanannya. Ia berhadapan dengan para pengajar sesat yang suka bersilat lidah dan mengacaukan, suka omongan kosong, dan hidup penuh kefasikan. Paulus menasihatkan Timotius agar berusaha menjadi pekerja Kristus yang pantas sehingga para pengajar sesat itu tidak menemukan celah untuk menjatuhkan Timotius dan mencemarkan nama Tuhan. Dalam rangka menjadi pekerja Kristus yang layak, Paulus menasihatkan dua hal kepada Timotius, yaitu: _*Pertama,*_ bijak dalam perkataan. Artinya, tidak malu memberitakan kebenaran, tidak mempertengkarkan hal-hal yang tidak layak, dan melayani dengan kelemahlembutan. _*Kedua,*_ menjaga kesucian dengan menjauhi nafsu, mengejar keadilan, kesetiaan, kasih, dan kedamaian. Meski ada beberapa orang yang dengan jelas telah menyimpang dari kebenaran, Paulus menasihatkan Timotius untuk menghadapinya dengan lemah lembut. Dengan demikian, mungkin saja Tuhan memberi kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan mengenal kebenaran yang sejati. Tidak jarang sebagai orang Percaya, kita tidak sabar dalam mengarahkan dan menuntun seseorang yang telah melenceng dari kebenaran. Sebelum kita menuntun orang yang tersesat, hendaklah terlebih dahulu kita belajar untuk menjadi bijak dalam perkataan dan menjaga kesucian hidup sehingga orang lain tidak menemukan celah untuk menjatuhkan kita dan mempermalukan Kristus. Dengan kelemahlembutan, kita akan dimampukan Allah dalam anugerah-Nya untuk membimbing dan mengarahkan orang yang melawan tersebut.

BE.518,4  “Marsinondang Dibaen Jesus”

Dongan, so tung mintop lampu na ringkot tu dongan i, So tung mago angka jolma, dibaen halembaonmi, Tapagalak palitonta, tapatiur dalan i, Ai torop dope na lilu, sai hatop ma mulak i.

Doa
”Ya Allah Bapa berikan aku kelembutan hati serta kebijaksanaan dalam menuntun orang yang suka melawan firmanMu agar berubah dan menerima firmanMu”

Selamat beraktivitas hari ini

Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Pesan ini bukan untuk dibalas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *