RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN SABTU, 14 NOPEMBER 2020

Bacaan Pagi : Hakim-hakim 5 : 1 – 12
Bacaan Malam : Mateus 12: 43- 45

Nas hari ini:
“Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.”

TAAT KEPADA PEMERINTAH

Siapakah pemerintah? Mengapa kita harus takut kepada mereka? Kita kan sama-sama manusia yang diciptakan Tuhan untuk mengusai dunia ini. Dalam renungan ini akan dijelaskan bahwa: Pemerintah adalah hamba Allah (Rom 13:4). Hamba yang dipakai di sini dalam bahasa aslinya adalah diakonos/ pelayan. Artinya adalah pelayan Tuhan yang mewakili semua maksud Tuhan. Pemerintah sebagai utusan Tuhan untuk memimpin dan mengatur semua hal yang berkaitan dengan pemerintahan. Orang Kristen harus tunduk kepada pemerintah karena pemerintah adalah hamba Allah. Karena pemerintah adalah hamba Allah maka dia harus menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan keinginan Allah bukan melalui keinginan pribadi untuk memenuhi ambisi tertentu. Hal ini menjadi batasan untuk pemerintah. Di dalam semua kebijakannya, mereka harus bisa mewakili Tuhan yang mengatur segala sesuatu untuk kebaikan warganya. Yang benar harus tetap dibenarkan dan yang salah harus disalahkan. Kebenaran ini juga sebagai batasan bagi orang Kristen. Jika pemeritah mengambil kebijakan yang melawan Tuhan, maka kita harus sadar bahwa kita harus tetap lebih patuh pada Allah, sebab pemerintah adalah hamba Allah.

BE. 187: 1 “Denggan do panogum”
Denggan do panogum ale Jahowa, di angka na pinarmahananMi! Tagamon bahenonMu ma na roa so tarbunihon Ho do burjuMi? Jotjot suhar do pambahenanMi di roha ni naso tumanda Ho, alai marhite sian i do ro tu hatiuron na tinoguMi.

Doa
Terimakasih ya Allah atas berkatMu yang masih dapat kurasakan hingga pada pagi hari ini. Engkau memberi kesehatan dan sukacita. Mampukanlah aku Tuhan untuk melakukan firmanMu di dalam hidupku, taat kepada pemerintah yang telah Engkau pilih untuk mengatur bangsa ini ke jalan yang Engkau kehendaki. Amin

Selamat Pagi dan Selamat beraktivitas bagi kita semua… 😊😊

Tuhan Yesus Memberkati
Bvr.Lambok Parapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *