RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN SENIN, 16 NOPEMBER 2020

Bacaan pagi. : Mzm.83:1-4
Bacaan malam : Roma.2:1-11

Nas hari ini:
“Orang-orang yang takut kepadaMu melihat aku dan bersukacita, sebab aku berharap kepada firmanMu.” Mazmur.119:74

Mazmur 119 yang ditulis dengan nilai sastra yang sangat baik menekankan akan kesetiaan kepada hukum Tuhan dan menggambarkan bagaimana kehidupan orang yang selalu ingat akan perintah Tuhan. Bagi orang Israel hal ini memang sudah merupakan suatu kewajiban untuk mengerti dan menjalankan hukum Tuhan, karena hukum Tuhan bukan hanya berbicara tentang aturan yang harus dilaksanakan tetapi juga berbicara tentang ketaatan manusia kepada Allah dengan menjalankan perintahNya.
Sebagai sesama orang percaya, nilai hidup keberimanan kita seharusnya dapat dilihat atau dirasakan oleh saudara-saudara kita. Kehidupan keberimanan kita ternyata bukan hanya persoalan hubungan kepada Allah tetapi juga kepada orang yang ada di sekitar kita. Jika saudara kita yang beriman melihat dan merasakan apa yang kita lakukan pasti mereka akan bersukacita karena mereka tahu bahwa Allah ada dan bekerja di dalam kehidupan kita. Hal seperti inilah yang sangat kita rindukan sebagai orang beriman.
Sering dialami oleh banyak orang beriman pengalaman yang tidak menyenangkan di saat mereka melakukan pekerjaan yang baik. Oleh orang lain yang tidak beriman, apa yang kita lakukan dianggap sebagai gangguan atau ancaman kepada mereka. Hal ini bisa terjadi dari orang yang tidak percaya kepada Yesus, tetapi juga oleh yang mengaku Kristen tetapi tidak senang bahkan melakukan hal yang tidak baik kepada orang yang melakukan kebaikan atau kebenaran. Karena itu melalui firman hari ini kita diminta untuk tetap melakukan firman Tuhan karena itu adalah identitas kita.

BE.9:1 “Hupuji holong ni rohaMu”
Hupuji holong ni rohaMu,o Tuhan Jesus rajangki.Tu Ho hulehon ma tondingku,ai ido pinangidoMi,huhalupahon ma diringku,mamingkir holong ni rohaMu.

Doa
Ajari aku ya Tuhan agar tetap berharap kepadaMu saja, dan senantiasa menjadi saluran berkat bagi orang-orang yang berada di sekelilingku. Amin

Selamat pagi dan selamat beraktifitas buat kita semua

Tuhan memberkati kita
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *