RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SELASA 17 NOPEMBER 2020

Bacaan pagi : Keluaran 2:1-10
Bacaan malam : 1 Tes.5:12-18

Nas hari ini :
“Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?” (Yesaya 2:22)

BERHARAP KEPADA TUHAN SAJA

Setiap orang pasti memiliki pengharapan. Karena sesungguhnya, setiap manusia adalah mahluk sosial, yang tidak dapat hidup jika hanya mengandalkan dirinya sendiri. Seperti seorang anak, tentulah ia membutuhkan pertolongan orang lain untuk merawat, menjaga, dan memenuhi kebutuhannya. Sampai dewasa pun kita sering berharap kepada sesama. Apakah hanya kepada sesama manusia? Atau kepada Allah penciptanya? Berharap kepada sesama manusia, tentu bukanlah hal yang mutlak salah. Karena manusia juga memiliki ketergantungan satu dengan yang lain. Tetapi, berharap hanya kepada manusia, tentulah ini bukan pilihan yang tepat. Nabi Yesaya mengingatkan kita melalui nas renungan hari ini, Bagaimana pun kekuatan dan kehebatan manusia, ia tetap seorang manusia yang pasti memiliki kekurangan dan keterbatasan. Kehidupan bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Tuhan, adalah bukti bahwa jika pengharapan mereka adalah bangsa lain, yang mereka anggap lebih kuat untuk melindungi mereka, maka kesia-siaan dan kesengsaraan akan mereka hadapi. Tetapi, jika mereka sungguh-sungguh berharap hanya kepada Allah saja, maka pertolongan dan penyertaan datang kepada mereka. Sebagai orang percaya, pengharapan kita hanyalah kepada Tuhan saja. Meskipun harus kita akui bahwa kita sangat sering berharap dan mengandalkan kekuatan manusia. Bahkan, kita lebih takut kepada manusia dari pada kepada Allah. Misalnya, kita tidak mampu mengatakan yang benar itu benar, dan yang salah itu salah, terhadap seseorang yang kita andalkan. Untuk itu, mari kita mantapkan prinsip hidup kita, bahwa pengharapan kita hanyalah kepada Tuhan saja. Amin.

BE.769:1 “Tu Debata do panghirimonki”

Tu Debata, do panghirimonki. Di tano,laut nang awang-awang i, Ibana do haposanki, tongtong do diramoti langkangki. Torop pe mara manahopi au, Debatangki do sumarihon au, pos rohangki, sonang do au, Ibana do na mandongani au.

DOA
Ya Allah Sumber Pengharapan kami, ajarlah kami untuk tetap berpengharapan hanya kepada-Mu, dan bukan kepada manusia. Karena hanya Engkaulah ya Tuhan sumber keselamatan kami. Amin.

Selamat pagi dan selamat beraktifitas buat kita semua

Tuhan memberkati kita
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *