RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, SENIN 23 NOPEMBER 2020

Bacaan Pagi : Kejadian 19:15-29
Bacaan Malam : Matius 11:20-24

Nas Hari Ini:
“Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.”(Wahyu 3,3)

TURUTI DAN BERTOBATLAH!
Nas hari ini, Jemaat Sardis, ditegur oleh Tuhan karena mereka hidup tetapi sebenarnya mati. Kehidupan rohani mereka mati. Dari luar, kehidupan iman mereka terlihat aktif, mereka tidak ada hubungan dengan Tuhan, sehingga Tuhan mengatakan mereka mati walaupun sebenarnya mereka hidup. Di tengah pandemi seperti sekarang, kita diperintahkan Tuhan untuk lebih memperhatikan kerohanian kita. Tuhan ingin agar kita lebih mendekat lagi kepadaNya dan mendengar suaraNya lebih jelas lagi. Meskipun keadaan sepertinya menjepit kita tetapi jika kita terus bergaul dengan Tuhan setiap saat, Tuhan pasti akan memberikan apa yg menjadi kebutuhan kita tepat pada waktunya. Rohani kita pun tetap hidup karena kita bergaul dengan Tuhan dan Tuhan sendiri yg memimpin langkah kita. Karena kasih Tuhan kepada jemaat Sardis, Tuhan menegur mereka agar mereka bangun dan menguatkan kembali yang hampir mati. Kita bisa saja terus aktif mengikut Tuhan seperti jemaat Sardis. Orang lain melihat kita hidup. Tetapi hanya Tuhan yang bisa melihat Roh kita. Apakah kita tetap bergaul denganNya sehingga Roh kita hidup, atau hanya luarnya saja yang hidup padahal Roh kita mati. Oleh karena itu jika Tuhan menegur kita, sudah seharusnya kita segera bertobat dan kembali kepadaNya. Kita tidak boleh terfokus hanya pada yang terlihat di luar saja. Tetapi yang harus selalu kita cek adalah apa yg ada di dalam. Bagaimana pergaulan kita dengan Tuhan. Tuhan menginginkan kita untuk bangun. Untuk berjaga-jaga sampai kedatanganNya yg kedua kalinya. Jangan sampai kita tertidur dan terlena. Kita harus terus menjaga hubungan kita dengan Tuhan. Maka apapun yang kita butuhkan pasti Tuhan akan menyediakan.

BE.678,1 “Pauba Roham”
Pauba roham tu Jahowa, Pauba roham tu Debata, Pauba roham tu Jahowa, Pauba roham tu Debatam.

Doa
”Ya Allah Bapa, bimbinglah aku dengan RohMu agar kehidupan rohaniku tidak tertidur dan terlena, tetap menuruti FirmanMu”. Amin”

Selamat beraktivitas hari ini
Tuhan Yesus memberkati
Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *