RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, JUMAT 27 NOPEMBER 2020

Yesaya 26,8

Ya TUHAN, kami juga menanti-nantikan saatnya Engkau menjalankan penghakiman; kesukaan kami ialah menyebut nama-Mu dan mengingat Engkau.

HIDUP DI JALAN TUHAN

Renungan hari ini merupakan bagian dari sebuah nyanyian keselamatan dan kemenangan dari Nabi Yesaya. Ia berkeyakinan nyanyian ini akan dinyanyikan oleh Israel ketika kelak kembali dari pembuangan Babel, dengan nyanyian kemenangan ini, umat tetap memiliki pengharapan pada kuasa Tuhan yang akan membebaskan mereka. Mereka yakin masih akan tetap memiliki kota yang kuat, yakni Yerusalem yang akan mereka bangun kembali. Mereka akan dipulihkan dan diselamatkan oleh Allah dan suatu generasi baru umat Allah akan muncul yang akan hidup dengan setia dan taat kepada Tuhan. Nyanyian ini mengumandangkan seruan kepada setiap umat di dalam pembuangan untuk menyambut zaman baru, mempersiapkan generasi baru umat Allah yang setia dan mengikuti kehendakNya. Hidup di jalan Tuhan. Yesaya mengungkapkan keadaan umat Tuhan menjelang memasuki zaman baru, zaman keselamatan. Mereka selalu menanti-nantikan  Tuhan yang akan menghakimi dan menyelamatkan umat-Nya dan sungguh-sungguh mempersiapkan segenap hidup dan persekutuan mereka untuk menyambut hadirnya sang Juruselamat. Hidup yang lurus di jalan-Nya, itulah yang dikehendaki oleh Tuhan bagi umat-Nya. Melalui nas ini kita mau belajar dan merefleksikan perjalanan hidup kita sebagai orang percaya bahwa Tuhan menghendaki kita hidup lurus sesuai dengan kehendak-Nya. Bagaimanakah hidup lurus menurut kehendakNya? Hidup lurus pertama-tama terkait dengan hati. Karena dari hati itulah seluruh kemauan, kehendak dan keinginan kita diatur. Hidup lurus memang bersumber dari hati, karena disitulah segala hal diputuskan untuk dilakukan atau ditolaknya karena itu mari sucikan hati agar hidup kita lurus.

BE.232,3 “Sian Sude Parulian na Arga”

Naeng ho tigor? Pangasahon Tuhanmu, Na tuminggalhon sangapNa sude. Na gabe jolma pasaehon dosamu, Golom ma, aithon panghophopNa i. Tangkup Tuhanmu tung  tiop hataNa, Sai pangasahon ma bagabagaNa.

Doa

Ya, Allah Bapa, ajar aku untuk menjaga hati tetap bersih, agar hidupku lurus dihadapanMu. Amin

Selamat beraktivitas hari ini

Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *