RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN JUMAT 04 DESEMBER 2020

Roma 13:13
“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.”

HIDUP SOPAN
Sejak dari kecil (rumah) kita sudah diajarkan tentang kesopanan dari orang tua kita, tidak ada orang tua yang tidak mengajarkan hal tersebut kepada anak-anaknya. Bicara tentang kesopanan, di Indonesia (dengan budaya ketimuran yang kental) pasti sudah dididik tentang nilai-nilai kesopanan yang berlaku di masyarakat. Kita diajar untuk hormat dengan orang yang lebih tua, mengucapkan salam sebelum kita masuk, bahkan diajarkan bagaimana berpakaian yang sopan sesuai dengan norma-norma budaya ketimuran. Dalam surat Paulus kepada jemaat di Roma mengajak seluruh orang percaya untuk menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang (ay. 12). Kita harus keluar dari kegelapan, meninggalkan segala perbuatan-perbuatan (dosa) yang selama ini kita lakukan di dalam kegelapan, dan mengenakan perlengkapan senjata Allah, untuk menjadi laskar-laskar Kristus. Selanjutnya, dalam ayat 13 mengajak kita semua untuk hidup dengan sopan “hidup dengan sopan”, yaitu: hidup dengan sopan berarti kita tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang memalukan, Perbuatan yang memalukan itu seperti pesta pora hingga mabuk. tidak hidup dalam percabulan dan hawa nafsu. tidak hidup dalam perselisihan dan iri hati. hidup dengan sopan berarti kita menjaga tubuh kita agar tidak hanya memikirkan keinginan kita (ay. 14b). Kita yang adalah pengikut Kristus, wajib hidup seperti Kristus hidup. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita mengikuti cara hidup Yesus dan memiliki pikiran dan perasaan Yesus dalam hidup kita. Hidup sopan sudah harus menjadi gaya hidup (life style) dari orang Kristen. Kita memang harus tetap tegas terhadap hal-hal yang menyimpang dari Firman Tuhan, tetapi kesopanan pun harus tetap kita junjung tinggi.

BE. 720: 1 “Naeng Marsinondang ngolungku”
Naeng marsinondang ngolungku, diigil Jesus i, Manang di dia pe ahu, tongtong huingot i. Tiur marsinondang, i do ni igil ni Jesus Tongtong marsinondang panondang do au tutu.

DOA
Terimakasih Tuhan atas anugerahMu yang kami terima hingga pagi ini, tuntunlah kami selalu didalam kehidupan kami ini untuk melakukan yang Engkau kehendaki terlebih menjadi orang-orang yang sopan dan bijaksana. Amin

Selamat pagi dan selamat beraktivitas
Tuhan Yesus memberkati
Bvr.Lambok Parapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *