RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, JUMAT, 18 DESEMBER 2020

LUKAS 1:15

”Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya”

BAGI TUHAN TAK ADA YANG MUSTAHIL
Renungan kita saat ini berkenaan dengan keimanan Zakaria dan Elisabet, orang tua Yohanes Pembaptis, yang mengawali dan menyiapkan jalan bagi karya keselamatan yang dilaksanakan oleh Yesus Kristus. Dalam pemikiran orang-orang Yahudi pada waktu itu, jika seorang wanita tidak dapat memiliki anak karena Tuhan menghukumnya karena dosa. Tapi kita lihat di sini bahwa ini tidak terjadi. Zakaria dan Elizabeth tak bercela di hadapan Allah. Mereka tidak sedang dihukum. Hal ini dinyatakan oleh Lukas: Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya. Zakharia melakukan tugas keimaman, yaitu membakar ukupan dalam Bait Allah. Malaikat Gabriel datang membawa pesan bahwa Tuhan telah mendengar doa Zakaria dan Elisabeth istrinya yang telah lanjut usia. Mereka akan mempunyai seorang anak laki-laki. Anaknya akan terberkati dihadapan Tuhan dan penuh dengan Roh Kudus. Ia akan menjadi pembuka jalan Tuhan dalam membawa umat Israel kembali kepada Tuhan dan membuat keluarga dipulihkan. Fakta bahwa Elisabeth sudah tua membuat Zakaria bimbang. Mana mungkin lagi mereka memperoleh anak? Maka Zakharia pun harus membayar harga untuk ketidakpercayaannya pada perkataan malaikat. Ia tidak percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Malaikat Tuhan diutus untuk berbicara kepadanya. Allah berkenan menjawab doa keluarga Zakharia. Apa yang selama ini didoakan bertahun-tahun dijawab Allah. Doa mereka didengar Allah dan Allah sendiri berkenan menyampaikan jawaban doa itu lewat malaikatNya. Anak Zakharia, yaitu Yohanes Pembaptis kelak yang akan membawa banyak orang untuk bertobat dan mempercayai Yesus sebagai Juruselamat.

Nyanyian “Bagi Tuhan Tak Ada Yang Mustahil”
Ku yakin saat Kau berfirmanKu menang saat Kau bertindakHidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu. Ku aman karna Kau menjagaKu kuat karna Kau menopangHidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu. Reff:Bagi Tuhan tak ada yang mustahilBagi Tuhan tak ada yang tak mungkinMujizatNya disediakan bagikuKu diangkat dan dipulihkanNya

Doa
Ya Allah Bapa, bimbinglah aku untuk memahami kekuasaanMu dan mengamini, bagiMu tak ada yang mustahil. Amin.

Selamat beraktivitas hari ini
Tuhan Yesus memberkati
Pdt.Anggiat Saut Simanullang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *