RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, KAMIS, 10 DESEMBER 2020

Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia”
“2 Petrus.1:4”

Mengambil bagian dalam kodrat Ilahi

Apakah kodrat ilahi itu? Kodrat Ilahi adalah kodrat yang kita terima saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita secara pribadi. Tanpa kodrat ilahi kita akan menuju kebinasaan. Saat kita memutuskan untuk menerima Tuhan dan menaruh iman percaya kepada Tuhan Yesus, maka kita akan beroleh anugerah keselamatan sehingga boleh mengambil bagian di dalam kodrat ilahi.Kodrat ilahi yang kita miliki tidak hanya menjadikan kita menerima janji-janji yang berharga, namun juga membuat kita mampu untuk hidup kudus. Hidup kudus disini berarti kita bisa menangani hawa nafsu duniawi yang sifatnya membinasakan. Dengan berkat ini kita bisa terlepas dari keinginan-keinginan jahat dan kita menerima sifat ilahi.Kodrat ilahi tidak membuat kita sama dengan Tuhan, melainkan menjadikan kita sebagai anak-anak terang sebab kita lahir dari Bapa. Dalam “1 Yohanes 3:9, “Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.” Kodrat Ilahi menjadikan manusia sebagai pribadi yang sempurna. Kita pasti pernah mendengar bahwa setiap orang percaya adalah ahli waris atas kerajaan Bapa di surga. Pada Matius 5:48, “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Kodrat Ilahi membuat kita serupa dengan Kristus. Sempurna disini bisa kita artikan sebagai pribadi yang serupa dengan karakter Kristus.Nas ini juga menjelaskan bahwa dengan kodrat ilahi, kita menjadi seorang pelaku firman Tuhan. Tuhan Yesus telah menunjukkan kita ke dalam kesempurnaan atau kedewasaan rohani, sehingga kita telah diberi kemampuan untuk tidak berbuat dosa. Mungkin kita seringkali berpikir bahwa tidak mungkin sebagai manusia kita luput dari dosa. Tetapi dari sini kita bisa belajar bahwa setelah kita menetapkan diri sebagai orang percaya, maka ada berkat kodrat ilahi yang ada di dalam kita. Sehingga dengan berkat inilah kita dimampukan Tuhan untuk tidak lagi berbuat dosa. Karena itu, berjuanglah terus mempertahankan kodrat Ilahi dalam hidup kita agar kita beroleh keselamatan kekal.

BE.No.723:1 “Tu jolom o Tuhan”
Tu jolom,o Tuhan sahat ma diringkon,pangke ma au hombar tu lomom.molo dang Ho Tuhan maringanan di au,diringkon dang mararga bei.Tung pogos pe dison,manang sonang tahe,marsigantung tu Ho sasude,holan Ho huihuthon dang be diringkon togutogu ma tu na ture.

DOA
Ajari kami ya Tuhan agar senantiasa bertumbuh,dan tetap hidup dalam kekudusan.Amin

Selamat pagi dan selamat beraktifitas

TUHAN MEMBERKATI
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *