RENUNGAN HKBP AEKKANOPAN, RABU, 30 DESEMBER 2020

Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku,  tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan  mereka. (Hosea 11:3)

JANGAN DURHAKA

Masih ingat dengan cerita Malin Kundang? Benar! Cerita dari daerah Sumatera Barat yang menceritakan tentang seorang pemuda yang durhaka dengan berpura-pura tidak kenal dengan ibunya yang telah melahirkannya. Memang miris dan tragis ketika seorang anak yang sejak kecil sudah dirawat dan dibesarkan oleh ibunya, sejak tengkurap, merangkak hingga berjalan, anak-anak hingga pemuda dewasa, memilih menjadi pemuda yang jahat dan tidak membalas budi baik sang ibu, lalu pada akhirnya Malin Kundang dikutuk menjadi sebuah batu. Bisakah kita membayangkan bagaimana perasaan Tuhan ketika kita mendurhakaiNya? Jadi apa kita nantinya? Dalam perjalanan sejarah Israel, Allah pernah begitu kecewa atas tindakan Israel yang berpaling kepada allah lain. Allah dalam kekecewaan-Nya berkata,  Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka. (Hosea 11:3) Akan tetapi Tuhan lagi-lagi memiliki kasih yang begitu besar dan tak berkesudahan. Dia terus mengingat bagaimana janji yang sudah dibuat kepada umat-Nya itu. Allah berkata, “”Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan  (Hosea 11:9b).”  Pengalaman bangsa Israel ini menjadi pelajaran berharga bagi kita.  Mari kita belajar untuk menghargai betapa besar kasih Tuhan kepada kita.  Mengertilah bahwa apabila persoalan atau kesesakan datang menimpa hidup kita, itu bukan berarti Tuhan tidak mengasihi kita.  Tuhan ingin melalui  ‘proses hidup’  ini kita dapat kembali mengingat kasih dan kebaikanNya.  Sampai kapanpun Allah akan senantiasa mencurahkan kasihNya kepada kita. Amin.

BE.NO.453:2 “Sada goar na ummuli”
Tung na malum do rohangku,nunga sonang tondingki.GoarMi do sinjatangku,dompak angka musui,GoarMi Tuhanki holan ido endengki,goarMi Jesushi do pamanlum rohangki.

DOA
Ajarlah kami supaya kami tetap memegang tanganMu dalam keadaan apapun yang menimpa hidup kami. Amin.

Selamat pagi dan selamat beraktifitas

TUHAN MEMBERKATI
Bvr.Relita Simangunsong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *